Tips Merawat Busi Motor

By Administrator 16 Jul 2023
 

Salah satu komponen penting pada sepeda motor adalah busi. Busi ini memiliki fungsi menyalakan motor dengan membakar udara serta bahan bakar di ruang mesin melalui pengubahan tegangan listrik ke dalam bentuk percikan api.

Untuk menjaga performa kendaraan, salah satu yang perlu diperhatikan adalah kondisi mesin yang masih baik. Selain itu, pemilik kendaraan juga jangan sampai salah memilih busi yang tepat untuk kendaraannya.

Busi yang terawat akan memberikan performa stabil untuk sepeda motor. Jika ada masalah pada bagian ini, biasanya motor akan sulit atau gagal dinyalakan.

Berikut beberapa tips merawat busi pada kendaraan bermotor:

1. Periksa kepala busi

Untuk mengetahui apakah pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar normal atau tidak bisa dilihat dari ujung elektroda atau kepala busi. Apabila ujung elektroda ini berwarna abu-abu atau merah bata berarti kondisi busi baik dan normal. Begitu juga dengan pembakaran berarti berjalan normal.

Tetapi bila ujung elektroda berwarna kehitaman atau putih, berarti ada komponen busi yang aus. Baiknya segera mengganti busi agar tak mengganggu performa sepeda motor.

2. Bersihkan kotoran di kepala busi

Biasanya, di kepala busi akan ada kotoran yang merupakan kerak karbon sisa dari proses pembakaran. Untuk merawat busi, bersihkan secara berkala bagian ujung elektroda ini.

Untuk membersihkannya bisa menggunakan cairan semprot yang bersifat non-metal seperti brake cleaner agar kerak karbon tersebut hilang. Jangan gunakan amplas dan cairan yang bersifat abrasif terhadap karat karena bisa mengikis permukaan plating atau elektroda busi.

3. Cek kerapatan ujung elektroda

Untuk merawat busi motor, perlu juga untuk memeriksa jarak kerapatan atau celah pada busi. Kerapatan busi ini akan bertambah seiring usia pemakaian busi.

Semakin rapat ujung elektroda maka konsumsi listriknya akan bertambah. Sementara jika terlalu renggang, busi akan kesulitan untuk berfungsi menyalakan motor.

Biasanya, mengecek kerapatan pada kepala busi ini dilakukan bersamaan dengan waktu mengganti oli. Untuk itu, pastikan mengganti oli secara berkala sesuai aturan pabrikan. Gunakan oli terbaik Evalube untuk menjaga performa kendaraan Anda.

4. Ganti busi tiap 2.000 km

Busi wajib diganti setiap motor sudah mencapai jarak 2.000 km sampai 3.000 km. Motor akan mengalami penurunan performa jika busi tak diganti pada jarak pemakaian tersebut.

Itu dia beberapa tips merawat busi motor. Lakukan servis berkala juga pada sepeda motor agar performa motor selalu prima.