Kegunaan Rear Spoiler Pada Mobil, Bukan Cuma Hiasan

By Administrator 30 Mei 2023
 

Banyak produsen mobil yang kini telah memasang spoiler pada produknya seperti sedan, hatchback hingga minibus. Lalu, sebenarnya adakah fungsi dari spoiler ini atau sekadar hiasan saja?

Meski banyak yang mengira spoiler hanya berfungsi untuk mempercantik tampilan mobil, namun nyatanya spoiler memiliki fungsi yang cukup penting.

Fungsi utama dari komponen ini yakni untuk menambah downforce atau tekanan bawah mobil untuk mengurangi gaya angkat yang timbul karena kecepatan gigi.

Berikut lebih jelasnya tentang fungsi dari spoiler:

1. Membuat mobil menjadi lebih aerodinamis

Penggunaan spoiler pada mobil seperti sedan, hatchback, hingga minibus berfungsi untuk menambah performanya. Spoiler akan membuat mobil lebih aerodinamis. Lekukan-lekukan pada spoiler yang bekerja membuat mobil lebih stabil di kecepatan tinggi.

Biasanya pada beberapa mobil akan ada gejala melayang ketika dikemudikan pada kecepatan tinggi, spoiler yang membantu mengurangi gejala tersebut. Spoiler membuat tekanan pada mobil sehingga agar mobil lebih bisa dikontrol ketika diterpa angin kencang atau dalam kecepatan tinggi.

2. Spoiler juga bisa menangkis kotoran dari belakang

Spoiler bukan hanya meningkatkan performa mobil tapi juga bisa mengangkat kotoran seperti debu atau air hujan agar tak mudah menempel pada mobil bagian belakang. Utamanya pada jenis hatchback.

Pasalnya, pada mobil jenis ini biasanya ada turbulensi di bagian belakang sehingga banyak debu yang berputar.

3. Mobil lebih mudah dikendalikan

Seperti sudah dijelaskan di atas, spoiler membuat tekanan agar mobil lebih mudah dikendalikan ketika dalam kecepatan tinggi atau diterpa angin kencang. Misalnya di jalan tol yang sepi, biasanya mobil akan melaju kencang. Pada momen ini spoiler akan membuat sopir lebih mudah mengendalikan setir.

Aliran angin yang kencang akan menyebabkan daya angkat mobil makin tinggi sehingga mobil serasa akan oleng. Spoiler membantu mengurangi daya angkat ini sehingga mobil lebih stabil.

Perlu dicatat agar berfungsi secara baik, spoiler perlu dipasang secara benar. Spoiler biasa dipasang pada bagian atas pintu bagasi atau atap paling belakang. Ada juga yang memasangnya di bagian kaca. Untuk pemasangan ini pastikan posisinya tepat dan seimbang.

Baiknya, meminta bantuan profesional agar spoiler bisa bekerja secara optimal.