3 Masalah yang Timbul Akibat Malas Mengganti Oli

By administrator 10 Jun 2020
 

Sepeda motor yang kamu gunakan setiap hari itu membutuhkan oli sebagai pelumas agar komponen mesin di dalamnya tidak saling bergesekan satu sama lain. Oli ini juga harus kamu lakukan pergantian secara rutin agar mesin tetap terlindungi dengan baik, tetapi ternyata masih banyak orang yang malas untuk mengganti oli sepeda motor mereka. Padahal akan ada banyak masalah yang timbul akibat oli yang tidak diganti secara berkala, berikut tiga diantaranya:

  • Rasa Tidak Nyaman saat Berkendara

Saat kamu malas mengganti oli, kamu akan merasakan ketidaknyamanan saat berkendara karena akan terasa getaran yang cukup mengganggu ketika mesin bekerja. Oli memang berfungsi melumasi komponen mesin agar tidak saling bergesekan, saat kamu malas mengganti oli maka oli akan menjadi kotor dan berkurang volumenya sehingga semakin besar kemungkinan komponen mesin saling bergesekan dan menimbulkan getaran.

  • Mesin Overheat

Selain menghindari gesekan antar komponen di dalam mesin, oli juga berfungsi untuk mengurangi panas pada mesin untuk menghindari overheat atau panas berlebih. Saat oli dalam kondisi kotor atau kurang karena kamu malas mengganti oli, maka risiko terjadinya overheat pada mesin ini akan semakin besar.

  • Bensin Lebih Boros

Oli yang kotor dan berkurang volumenya karena tidak pernah diganti akan membuat kinerja mesin menjadi lebih berat karena komponen di dalamnya saling bergesekan, dan itu berarti konsumsi bahan bakar juga akan menjadi lebih boros.

Tak hanya itu, komponen lain di sepeda motormu juga rentan mengalami kerusakan dan harga jual dari motormu juga akan berkurang karena mesin yang tak terawat dengan baik. Jadi, sebaiknya kamu mematuhi aturan mengganti oli sesuai dengan kebutuhan sepeda motormu agar lebih awet.