Dalam Rangka Memperingati Hari Lingkungan Hidup, Evalube Kembali Tanam Mangrove

By Administrator 08 Jun 2023
 

Bekasi, 6 Juni 2023 – Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada 5 Juni 2023 menjadi momen penting bagi Evalube yang bekerja sama dengan Rumah Zakat kembali melakukan penanaman mangrove di Pantai Bahagia Muara Gembong, Kab. Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan ini juga melibatkan warga sekitar yang beberapa diantaranya merupakan penggiat lingkungan hidup. Total ada 18 orang yang ikut terlibat dalam kegiatan penanaman mangrove kali ini.

Tanaman mangrove sendiri berperan penting sebagai tanggul alami untuk mempertahankan lingkungan di pesisir dan pantai agar tetap terjaga ekosistemnya. Selain itu tanaman mangrove merupakan jenis tumbuhan yang membantu dalam penyerapan karbondioksida untuk membantu mengurangi polusi udara.

Desa Pantai Bahagia sendiri merupakan wilayah yang terkena dampak abrasi air laut cukup parah ada sekitar hampir 500 KK selalu terdampak banjir saat air laut pasang dan sekitar 150 KK kehilangan tempat tinggal karena mengalami penurunan tinggi rumah dan rusak akibat terus menerus tergenang air pasang laut.

“Saya Ahmad, mewakili warga Desa Pantai Bahagia, Kec. Muara Gembong, Kab. Bekasi mengucapkan banyak – banyak terima kasih kepada Evalube yang sudah kembali menanam mangrove di wilayah kami. Semoga kegiatan ini bisa berlanjut di kemudian hari agar abrasi diwilayah kami tidak semakin meluas.” ucap Ahmad salah satu warga.