Ingin Gonta-Ganti Oli Mobil? Ada Syaratnya!

By administrator 10 Apr 2019
 

Banyak orang yang berpendapat bahwa oli mesin mobil bisa gonta-ganti sesuka kalian asalkan memiliki viskositas yang sama. Ternyata tidak semudah itu. Kalau caranya salah, maka berpotensi menyebabkan kerusakan pada mesin. Pasalnya masing-masing merk oli punya karakteristik, formula, dan senyawa yang berbeda.

Jika memang ingin mendapatkan khasiat dari oli terbaik, gunakanlah Evalube. Namun tentunya ada syarat yang harus dilakukan sebelum mengganti ke oli Evalube agar oli bisa bekerja dengan maksimal dalam melidungi mesin mobil.

Yang harus dilakukan adalah flushing atau menguras mesin dari sisa pelumas sebelumnya. Tujuannya adalah untuk menghindari endapan dan kerak-kerak sisa oli pada beragam komponen mesin. Langkah ini juga diyakini mampu mengusir senyawa bawaan pelumas dari brand yang berbeda.

Flushing juga dapat mengeluarkan sisa oli yang tertampung di celah-celah mesin, Jika tidak dilakukan, dikhawatirkan gram-gram sisa friksi komponen dapat tercampur dengan oli baru. Akibatnya oli baru tidak dapat bekerja dengan maksimal.