Jangan Lupakan, Ban Serep Juga Perlu Perhatian

By Administrator 15 Jun 2023
 

Ban cadangan atau ban serep ini sangat penting tapi kerap dilupakan oleh pemilik mobil. Ban serep memang tidak tahu kapan akan digunakan tetapi tetap harus dipastikan kondisinya baik.

Pasalnya, jangan sampai ketika ban serep akan digunakan justru akan kondisinya rusak. Apalagi jika dalam kondisi mendesak dan di lokasi yang sulit terjangkau, pasti Anda tak ingin kondisi ini terjadi.

Untuk itu, penting untuk memastikan ban serep selalu dalam kondisi baik dan bisa digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan. Merawat ban serep juga bukan soal yang sulit dan mudah dilakukan.

Posisi ban serep sendiri di setiap mobil berbeda-beda, tergantung tipe mobil tersebut. Ada yang posisinya di kolong mobil, bagasi, dan di pintu belakang.

Merawat ban serep cukup mudah, cukup dengan membersihkannya secara berkala. Mencuci ban serep bisa menggunakan sampo atau sabun cuci mobil. Sambil dicuci, angkat atau cabut batu, serpihan besi, pecahan kaca atau benda keras lainnya yang terselip di kembangan ban serep.

Benda-benda kecil yang terselip di kembangan ban ini yang bisa menyebabkan kerusakan hingga ban tak bisa digunakan.

Ban serep yang paling mudah kotor biasanya ban yang posisinya di kolong mobil. Baiknya, ban ini dibersihkan sebulan sekali. Agar gampang, cucilah ban serep saat mencucikan mobil di tempat cuci mobil.

Namun, jika Anda ingin mencuci ban serep itu sendiri sebaiknya pelajari cara menurunkan ban serep yang terletak di kolong mobil.

Jangan lupa setelah ban dicuci segera dikeringkan dengan lap chamois dan diberi semir ban. Fungsi semir untuk menjaga elastisitas karet ban dan terlihat mengkilap.

Pastikan tekanan ban sesuai pabrikan saat akan digunakan. Untuk melindungi ban serep yang disimpan di kolong mobil juga bisa digunakan cover ban agar tak gampang kotor.

Selain itu, pemilik mobil juga wajib memastikan bahwa karet ban serep dalam kondisi baik. Biasanya ada kerusakan seperti permukaan getas atau dinding ban benjol akibat terlalu lama disimpan.

Poin yang tak boleh dilewatkan adalah melakukan simulasi ganti ban serep. Hal ini penting pasalnya ada kemungkinan ban perlu diganti di lokasi di mana susah mencari bantuan.

Beberapa hal yang perlu dipelajari adalah tempat menyimpan dongkrak dan posisi menaruhnya di kolong mobil yang tepat ketika mau mengganti ban. Lanjut cara mengoperasikan dongkrak, membuka baut ban, hingga memasang ban serep dengan cepat dan efisien.