Kapan Mobil Harus Spooring? Ini Tanda Yang Harus Diperhatikan

By Administrator 14 Nov 2023
 

Spooring dan balancing adalah salah satu bagian dari servis pada mobil agar laju mobil tetap lurus dan stabil. Hal ini harus rutin dilakukan, jika tidak mobil akan bisa terasa tak nyaman dan mobil tak bisa berfungsi secara maksimal.

Mobil yang sudah waktunya spooring umumnya akan menunjukkan beberapa tanda-tanda. Tujuan utama dari spooring adalah agar roda kanan dan kiri selaras, jadi salah satu tandanya memang muncul pada roda.

Berikut beberapa tanda mobil sudah saatnya perlu spooring:

1. Ada Getaran Saat Roda Melaju

Ciri yang paling bisa dirasakan pertama adalah ada getaran dari ban saat mobil melaju. Getaran ini berasal dari keempat roda dan bisa terasa sampai di kabin. Getaran ini akan semakin terasa jika mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Jika sudah demikian, mobil bukan cuma butuh spooring tetapi juga butuh balancing. Yakni teknik untuk membuat roda kanan dan kiri kembali seimbang. Segera bawa ke bengkel terdekat untuk lakukan spooring dan balancing.

2. Setir Bergerak Sendiri

Mobil perlu segera dilakukan spooring juga bisa dilihat saat setir mobil bergerak sendiri baik ke kiri atau ke kanan. Hal ini bisa dilihat saat mobil melaju dalam kecepatan rendah di bawah 50 km/jam.

Hal ini terjadi karena setir berhubungan langsung dengan roda. Jadi ketika roda mulai tak stabil maka setir pun akan mengikutinya. Segera bawa mobil ke bengkel untuk spooring jika sudah demikian.

3. Setir Tak Bisa Kembali ke Posisi Semula

Jika setir sudah ke kanan dan ke kiri sendiri tetapi Anda menunda untuk melakukan spooring maka setir berisiko tak bisa dikembalikan ke tempat semula. Jika sudah demikian maka perlu dilakukan spooring dan balancing.

4. Ban Mobil Botak

Roda mobil yang sudah botak atau aus juga harus segera dispooring karena tidak akan nyaman untuk digunakan berkendara. Roda mobil yang cepat botak biasanya adalah yang bagian depan.

5. Kaki-Kaki Mobil Bermasalah

Bagian kaki mobil merupakan salah satu yang terpenting pada mobil karena langsung bersentuhan dengan aspal. Jika ada masalah pada kaki mobil, maka berisiko pada keselamatan berkendara.

Untuk itu, pengecekan pada bagian kaki-kaki mobil ini harus dilakukan rutin. Apabila kaki mobil bermasalah, maka teknisi akan menyarankan untuk mobil segera dispooring atau balancing agar kembali normal.

6. Roda Tampak Miring Saat Mobil Diparkir

Tanda terakhir yang bisa dilihat adalah ban tampak miring saat mobil sedang diparkir. Ban yang tampak miring biasanya bagian depan. Jika kondisi sudah demikian segera bawa mobil ke bengkel untuk melakukan spooring.

Itu dia beberapa ciri mobil harus segera dispooring. Jangan ditunda ya agar kenyamanan dan keselamatan berkendara tetap terjamin.