Ini Tanda Bearing Roda Depan Bermasalah

By Automotive Evalube 04 Mar 2024
 

Kerusakan pada bearing bisa berakibat fatal. Pasalnya, bearing roda berfungsi untuk mengurangi gesekan antara bagian-bagian yang bergerak sehingga roda mobil bisa berputar dengan stabil dan lancar. 

 

Karena fungsinya sangat penting, maka pengendara baiknya memahami jika ada masalah pada bearing roda depan. Beberapa gejala bisa dikenali sebagai tanda rusaknya bearing roda depan. 

 

Berikut ini beberapa tanda bearing roda depan mengalami masalah: 

 

  1. Muncul Bunyi Saat Mobil Berjalan 

 

Biasanya saat terjadi masalah pada bearing roda depan, salah satu tanda yang akan terasa adalah munculnya bunyi berdecit saat mobil berjalan. Pengendara bisa mencoba mendengarkan dengan seksama apakah bunyi tersebut muncul dari roda depan. 

 

Jika iya, maka baiknya segera bawa mobil ke bengkel dan minta teknisi untuk memperbaikinya sebelum kerusakan lebih parah. Pasalnya, suara berdecit ini bisa jadi berubah menjadi suara gemuruh yang sangat membuat berkendara terasa tak nyaman. 

 

  1. Rem Terasa Berat 

 

Tanda berikutnya yang bisa dirasakan pengendara saat terjadi masalah pada bearing roda depan adalah rem terasa berat. 

 

  1. Susah Belok 

 

Saat tak ada masalah pada bearing roda depan, maka mobil akan berbelok dengan lancar. Tetapi, saat ada masalah pada bearing roda depan maka akan sangat terasa mobil jadi sulit dibelokkan. 

 

  1. Roda Depan Tak Berputar Dengan Lancar 

 

Karena bearing berfungsi agar roda bisa berputar dengan stabil dan lancar maka masalah pada komponen ini akan menyebabkan roda tak bisa berputar dengan lancar. 

 

Hal ini tentu sangat berbahaya jika terus dibiarkan. Untuk itu, segera bawa mobil ke bengkel terdekat saat merasakan tanda kerusakan pada bearing mobil. 

 

Itu dia beberapa tanda yang muncul saat terjadi masalah pada bearing roda depan.