Perawatan Mobil Setelah Menerjang Banjir, Jangan Ditunda

By Automotive Evalube 26 Apr 2024
 

Beberapa wilayah di Indonesia beberapa waktu lalu tengah diterjang banjir. Kondisi ini tentu saja sangat merugikan di segala sektor. 

 

Saat terjadi banjir, mobil di lokasi tersebut mau tidak mau harus menerjang banjir. Padahal, ada beberapa masalah yang bisa terjadi pada mobil saat harus melewati banjir. 

 

Untuk itu, sebaiknya pemilik mobil melakukan berbagai langkah perawatan mobil yang digunakan untuk menerjang banjir. Berikut beberapa di antaranya: 

 

  1. Pastikan Interior Mobil Kembali Bersih 

 

Langkah pertama yang harus dilakukan pada mobil yang habis terendam banjir atau digunakan untuk menerjang banjir adalah membersihkan bagian interiornya jika air sudah masuk ke kabin. Keluarkan barang-barang di interior mobil seperti karpet, matras, dan lainnya kemudian bersihkan dan keringkan. 

 

Setelah itu bersihkan bagian dalam mobil dengan teliti. Gunakan vakum dan lap bersih. Pastikan setiap sudut yang terendam banjir kembali bersih agar tak berkarat. 

 

  1. Bersihkan Bagian Mesin dan Bawah Mobil 

 

Bagian mesin dan bagian bawah mobil kemungkinan akan menjadi yang paling kotor dan berlumpur. Untuk itu, pastikan membersihkan bagian mesin dan bawah mobil ini dari lumpur dan air kotor. Untuk membersihkannya bisa menggunakan air bersih dan sikat, semprot hingga benar-benar bersih setiap komponennya. 

 

Penting untuk memastikan membersihkan dengan teliti dan hati-hati agar tak ada kotoran yang menyebabkan karat tertinggal. Pastikan juga bagian suspensi, rem, dan knalpot bersih. 

 

  1. Keringkan Bagian Sistem Elektronik dan Kelistrikan 

 

Air juga bisa menyebabkan kerusakan pada bagian sistem elektronik dan kerusakan. Untuk itu, bagian ini penting untuk dibersihkan dan dikeringkan dengan seksama. Kain bersih bisa digunakan untuk membersihkan bagian ini seperti kabel, sakelar, hingga soket untuk mencegah terjadinya korsleting. 

 

  1. Periksa dan Ganti Cairan-Cairan Mobil 

 

Ada beberapa cairan mobil yang bisa tercemar oleh air hujan. Seperti oli mesin, transmisi, hingga minyak rem. Baiknya segera mengganti cairan-cairan pada mobil agar tak merusak komponen di dalamnya. 

 

  1. Cek Bagian Rem dan Kaki-Kaki 

 

Setelah digunakan untuk menerjang banjir, bagian yang biasanya akan langsung terdampak adalah rem. Bukan hanya pada motor, begitu juga pada mobil. Untuk itu penting untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan apakah ada kerusakan pada bagian rem, begitu juga pada bagian kaki-kaki. Pastikan bagian kaki-kaki tak ada yang kendur atau rusak. 

 

Itu dia beberapa langkah pertama yang harus dilakukan pada mobil yang digunakan untuk menerjang banjir. Apabila dirasa ada kerusakan yang tak bisa diatasi baiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk segera diperbaiki.