Tips Jaga Bodi Mobil dari Karat

By Administrator 27 Nov 2023
 

Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Curah hujan tinggi mengguyur berbagai wilayah. Salah satu yang perlu diwaspadai saat musim hujan adalah ancaman korosi yang menyebabkan karat pada bodi mobil. Hal ini dikarenakan tingkat keasaman tinggi pada air hujan sehingga mempercepat proses korosi pada logam.

Meski demikian, munculnya karat ini bisa dicegah dengan perawatan yang optimal. Mobil yang dirawat dengan baik akan terhindari dari karat.

Berikut beberapa perawatan bodi mobil agar terhindar dari karat yang bisa dilakukan di rumah:

1. Rajin Cuci Mobil

Air hujan yang mengenai bodi mobil bisa menyebabkan korosi dan karat. Untuk itu, setelah mobil kehujanan baiknya segera dicuci. Siram mobil dengan air bersih kemudian cuci dengan sabun khusus cuci mobil. Jangan lupa dikeringkan dengan kanebo, karena jika tak dikeringkan bisa tetap menimbulkan karat.

2. Gunakan Cover Mobil

Untuk mobil yang harus diparkir di ruang terbuka saat bekerja atau saat berkegiatan di luar rumah, baiknya ditutup dengan cover mobil jika dalam waktu lama. Dengan demikian, mobil terlindung dari air hujan selain itu, juga terhindar dari hewan liar yang masuk ke mobil.

3. Pelapis Anti Korosi

Pelapis anti korosi juga dapat digunakan untuk melindungi permukaan mobil. Hal ini bisa jadi langkah pencegahan timbulnya korosi di bodi mobil.

Fungsi dari pelapis anti korosi adalah untuk menghalangi debu dan air untuk bersentuhan dengan bagian logam. Caranya cukup mudah, dengan mengoleskan anti korosi secara berkala, utamakan pada bagian yang rentan karat seperti kolong dan bemper.

4. Dicat Ulang

Jika sudah muncul tanda-tanda korosi pada bodi mobil seperti bercak karat baiknya segera melakukan pengecatan ulang pada bagian tersebut. Dengan demikian, dapat mencegah korosi lebih parah dan menyebar.

5. Bersihkan Mesin Secara Berkala

Selain bagian bodi mobil, mesin mobil juga sangat rentan terkena korosi. Untuk itu, pastikan periksa dan bersihkan bagian mesin secara berkala dari debu yang menempel. Periksa juga komponen lainnya pada mesin mobil, pasalnya korosi pada bagian ini bisa berakibat fatal.

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi korosi pada mobil. Lebih baik melakukan pencegahan, karena jika sudah terlanjur berkarat bisa membuat harga jual mobil menurun drastis.