Kebiasaan ini Bisa Mencegah Rem Mobil Blong, Patut Diperhatikan

By Administrator 04 Okt 2023
 

Bagi pengendara mobil, mengalami rem blong tentu saja jadi salah satu hal paling ditakutkan dan dihindari. Pasalnya, rem blong masih menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang paling sering terjadi.

Rem blong biasanya terjadi karena minyak rem habis. Hal ini dikarenakan kurangnya perawatan pada kendaraan sehingga tak sadar minyak rem habis atau adanya permasalahan di bagian rem.

Selain karena minyak rem habis, rem blong juga bisa disebabkan karena ada udara yang masuk ke sirkulasi minyak rem sehingga terjadi oksidasi dan menghasilkan uap air yang saat terkena hawa panas menyebabkan tekanan minyak rem turun.

Sebenarnya, ada beberapa kebiasaan baik yang bisa dilakukan untuk mencegah rem blong. Apa saja? berikut beberapa di antaranya:

1. Menggunakan rem dengan benar

Melakukan teknik pengereman dengan benar akan memperpanjang usia pemakaiannya. Cara yang benar adalah dengan kosongkan gas sebelum mengerem, kemudian tekan rem secara perlahan. Untuk itu, perlu jaga jarak aman dengan kendaraan lain.

Jangan suka mengerem secara mendadak dan tiba-tiba atau berlebihan karena ini perlahan akan merusak rem.

2. Jangan bawa beban terlalu berat

Setiap kendaraan memiliki batas maksimum berat yang dibawa sesuai rekomendasi pabrikan. Jika beban yang dibawa terlalu berat maka akan menyebabkan tekanan berlebih pada sistem rem. Jika sudah demikian, maka kemampuan rem pun akan menurun.

3. Hindari mengerem secara terus menerus

Biasanya ini terjadi di jalanan padat di kota-kota besar. Jika terjebak macet, tetap berusaha memberi waktu istirahat bagi rem. Pasalnya jika terus menginjak rem, bisa menyebabkan panas berlebih pada sistem rem dan menyebabkan rem blong.

4. Rem tangan digunakan dengan benar

Umumnya mobil dilengkapi dengan handbrake atau rem tangan konvensional maupun elektronik . Penggunaan rem tangan ini harus dengan benar. Ketika mobil diparkir, rem tangan harus dalam posisi terkunci sebelum melepaskan kaki dari pedal utama.

5. Hindari menginjak rem penuh di jalan menurun

Ketika melewati jalan menurun, hindari menginjak pedal rem secara penuh dan mendadak. Untuk pengereman di jalan menurun disarankan menggunakan engine brake atau rem mesin dengan menurunkan gigi transmisi untuk mengurangi kecepatan secara bertahap.

Itu dia beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya rem blong. Selain itu, pastikan melakukan perawatan berkala agar ketika ada komponen yang bermasalah bisa langsung diperbaiki.

Selain itu, jangan lupa selalu mengganti oli mobil Anda agar performa mesin selalu terjaga. Gunakan oli Evalube yang terjamin kualitasnya dan sudah terpercaya melindungi mesin agar tetap sehat dan optimal.