Gejala Yang Muncul Ketika Kanvas Kopling Mobil Mulai Habis

By Administrator 26 Sep 2022
 

Kopling merupakan part pada sebuah mobil yang sangat krusial terutama pada sebuah mobil manual. Sebenarnya tidak hanya pada mobil manual saja, mobil otomatis pun memiliki kanvas kopling yang memiliki tugas sama seperti mobil manual.

Dari cara kerjanya yang bertugas untuk memberikan gesekan antara putaran mesin dan gearbox, kondisi kopling akan menurun seiring berjalannya waktu. Namun jangan khawatir, ketika kopling kinerjanya mulai menurun ada indikasi yang dapat kita rasakan.

Seperti yang dilansir Auto2000, ada beberapa gejala yang bisa dirasakan ketika kanvas kopling mobil manual kita mulai aus. Berikut gejalanya:

 

Akselerasi Menurun

Gejala pertama yang bisa dirasakan ketika kanvas kopling mulai aus adalah akselerasi mobil jadi menurun. Akselerasi yang menurun tersebut disebabkan oleh kanvas pada kopling sudah tidak bisa memberikan grip yang maksimal dari putaran mesin ke bagian gearbox.

Pada gejala ini, kita bisa merasakan rpm terus meraung ketika kita injak pedal gas, tetapi mobil tidak melesat. Bahkan jika kondisinya sudah benar benar parah, mobil tidak bisa melesat dengan cepat.

Umumnya hal tersebut terjadi saat kita menginjak pedal gas lebih dalam pada posisi gigi tinggi seperti gigi 3, 4, dan 5. Pada saat menginjak pedal gas, mesin akan meraung beberapa detik lantaran selip, baru lah mobil berakselerasi.

 

Pedal Kopling Terasa Lebih Keras Saat Diinjak

Gejala lain yang ditimbulkan saat plat kopling sudah mulai rusak adalah pedal kopling akan terasa lebih keras ketika sedang di injak. Gejala ini akan terasa pada mobil yang sistem koplingnya masih mekanikal dan belum menggunakan hidrolik.

 

Posisi Pedal Lebih Tinggi

Salah satu gejala yang bisa ditimbulkan saat kopling mulai haus antara lain pedal akan terasa lebih tinggi dibandingkan standarnya. Bahkan pada saat kita melepas kopling, akan terasa lebih jauh untuk mobil bisa bergerak.

 

Berbau Gosong

Tanda berikutnya dari clutch disc atau kanvas kopling yang aus atau habis adalah baunya yang gosong. Bau gosong tersebut timbul karena bentuk output dari clutch disc yang telah hangus. Clutch disc yang hangus akan memenuhi seluruh ruang kabin sehingga bau gosongnya menguar.

Bau gosong yang muncul biasanya akibat dari gesekan clutch disc yang terlalu sering sehingga hangus. Bau ini juga dapat tercium jika pengendara menggunakan mobil melintasi tanjakan atau turunan yang curam.

Ketika mobil kalian sudah mulai muncul gejala-gejala tersebut, maka kita harus segera mengganti kopling mobil kita. Tujuannya adalah agar mobil tetap prima saat digunakan sehari-hari atau bahkan perjalanan jauh.