Perlukah Menguras Oli Transmisi Mobil?

By Administrator 09 Feb 2023
 

Bicara perihal pelumas yang digunakan di dalam mobil, tidak semata-mata untuk kepentingan jeroan mesin semata. Tetapi, ada beberapa pelumas lain yang juga harus diperhatikan oleh para pemilik mobil.

Terlebih bagi mereka yang sehari-hari menggunakan mobil dengan transmisi automatic, sudah pasti ada pelumas tambahan yang harus diperhatikan sebelum mobil tersebut digunakan dalam mobilitas harian.

Mengingat fungsinya yang begitu penting, di mana oli transmisi ini ditujukan untuk melumasi bagian transmisi, maka mengecek atau menguras pelumas tersebut menjadi penting untuk dilakukan oleh pemilik kendaraan.

Sejatinya, ada rentang periode yang harus diperhatikan dalam menguras oli transmisi tersebut. Biasanya, beberapa pabrikan mobil memiliki jangka waktu yang berbeda-beda, tetapi biasanya untuk menguras oli transmisi tersebut berlaku pada kelipatan 15.000 kilometer dan selanjutnya untuk menguras oli secara menyeluruh dapat dilakukan pada jarak 50.000 kilometer.

Dengan pedoman yang diberikan oleh bengkel resmi masing-masing pabrikan, sudah tentu menguras oli transmisi menjadi penting untuk dilakukan. Salah satu manfaat yang akan didapatkan oleh pemilik mobil adalah tingkat perpindahan gigi yang halus karena pelumas tersebut dalam kondisi prima dan mampu masuk ke dalam sela-sela bagian transmisi.

Sedangkan sebaliknya, jika pelumas tersebut tidak diperhatikan dengan seksama, maka ada beberapa dampak buruk yang nantinya akan dihadapi oleh para pemilik mobil. Adapun kerusakan tersebut biasanya diawali dengan bunyi kasar di bagian transmisi. Hal ini disebabkan karena pelumas tadi tidak lagi dalam kondisi yang prima.

Akibatnya, gesekan antar komponen di bagian transmisi menjadi tidak halus dan kerap menimbulkan beberapa gejala kerusakan. Selain itu, tenaga mesin yang harusnya bisa optimal akan menjadi lemah lantaran pelumas transmisi tidak dapat mengimbangi kinerja sektor mesin.

Dalam penggunaannya, untuk memberikan performa yang maksimal untuk sektor transmisi, maka sesuaikan dengan spesifikasi mobil atau anjuran dari bengkel resmi atau bengkel rekanan Anda.

Bila ada sedikit masalah pada bagian tersebut, usahakan langsung menghubungi mekanik langganan untuk mendapat permasalahan yang tepat supaya jika terjadi kerusakan tidak merembet ke bagian yang lainnya.