Tips Hindari Karat pada Mobil di Musim Hujan

By Administrator 21 Feb 2024
 

Salah satu risiko yang mengintai di musim hujan adalah karat yang jadi makin mudah muncul pada mobil. Pasalnya, air hujan bisa menyebabkan korosi pada mobil yang akhirnya menjadi karat. Hal ini disebabkan karena air hujan mengandung asam yang tinggi.

Untuk itu, sebelum karat muncul baiknya melakukan langkah pencegahan. berikut beberapa di antaranya:

1. Cuci Mobil Setelah Terkena Hujan

Setelah dipakai hujan-hujanan, segera cuci mobil dengan bersih. Gunakan sabun untuk cuci mobil kemudian bilas dengan air bersih. Setelah itu, pastikan mengeringkan mobil dengan kanebo atau kain halus.

2. Gunakan Cover Mobil

Jangan parkir di ruang terbuka begitu saja karena bukan hanya bisa menyebabkan karat saat terkena hujan tetapi juga bisa merusak cat mobil. Manfaatkan cover mobil saat harus parkir di ruang terbuka dalam waktu lama.

3. Poles Bodi Mobil

Untuk mengangkat kotoran yang menempel pada bodi mobil dan membuat catnya kembali berkilau, bisa memanfaatkan poles bodi mobil. Baiknya juga dilakukan waxing sebagai bagian pemolesan agar mobil terhindar dari paparan sinar matahari langsung dan dari air hujan.

4. Bersihkan Juga Kolong Mobil

Ketika mencuci mobil, jangan lupa untuk membersihkan juga bagian kolong mobil. Pasalnya, di bagian ini ada komponen-komponen penting seperti suspensi, kemudi hingga sistem pengereman. Pastikan bagian ini bebas dari kotoran agar tak menjadi karat.

5. Cek Karat Di Bengkel

Ketika servis rutin, baiknya juga sekalian meminta teknisi untuk mengecek apakah ada karat atau tidak. Sehingga jika muncul karat bisa dideteksi dini dan segera dicarikan solusi. Pasalnya, karat mudah menyebar dan jika sudah luas makin susah dihilangkan.

Itu dia beberapa tips untuk menghindari karat di musim hujan. Pastikan juga mencuci mobil secara berkala meskipun tidak terkena hujan.