Harga Oli Gardan Mobil, Setiap Berapa Kilometer Harus Diganti?

By Administrator 09 Nov 2022
 

Oli gardan mobil kerap dianggap sepele, namun fungsinya sangat penting sehingga harus segera diganti pada jarak tempuh tertentu. Untuk mobil berpenggerak roda belakang (RWD) dan penggerak empat roda (4WD), gardan berfungsi sebagai penyalur tenaga dari mesin agar roda bergerak. 

Oli sangat penting pada gardan karena berfungsi untuk melicinkan berbagai komponennya. Seperti drive pinion gear, ring gear, dan spider gear.

Untuk mencegah gir aus maka oli gardan jangan sampai telat diganti. Pasalnya, ketika komponen gardan rusak biaya yang diperlukan untuk memperbaikinya jauh lebih mahal. 

Oli gardan biasanya diganti jika mobil telah menempuh interval jarak 40.000 km atau dua tahun pemakaian. Namun untuk mobil matic memiliki patokan jarak tempuh yang lebih jauh, yakni setiap 80.000 km sekali.

Untuk kebutuhan oli gardan terbaik, Evalube telah menyediakan produk Evalube GL-4, yang merupakan Hypoid Gear Oil dengan formula base oil mineral kualitas tinggi, dengan kemampuan menahan beban kerja yang baik.

Pengaplikasian Evalube GL-4 ini bisa untuk melumaskan gardan mobil bensin maupun diesel, hingga mobil manual ataupun matic. Untuk pelumas mesin transmisi, bisa untuk mobil bensin dan diesel namun khusus untuk jenis mobil manual.

Terkait harga oli gardan mobil dari Evalube ini cukup terjangkau, ada varian SAE 90 dengan harga sekitar Rp 40 ribu per botol dan juga SAE 140 memiliki harga sekitar Rp 43 ribu per botol. Kedua harga tersebut adalah untuk ukuran 1 liter.

Dengan harga yang dapat bersaing dengan merek lain di pasaran, kualitas dari Evalube memang patut dipertmbangkan. Kenyamanan dan keamanan mobil Anda tentu saja menjadi yang utama. 

Penggunaan oli gardan untuk mobil sedan, city car, dan multi purpose vehicle (MPV) disarankan menggunakan oli multigrade dengan spesifikasi SAE 75-90 atau 80W90.

Sementara mobil sport utility vehicle (SUV), pikap, double cabin, dan truk ringan disarankan memilih oli single grade dengan spesifikasi SAE 90 atau SAE 140. Beban kerja mobil-mobil tersebut berbeda dengan mobil keluarga sehingga butuh oli yang lebih kental.