Evalube Dapat Diandalkan Soal Oli Gardan Mobil

By Administrator 15 Agu 2021
 

Gardan sendiri adalah komponen yang menstabilkan kecepatan roda saat mobil sedang berbelok. Tanpa kehadiran gardan, roda kiri dan kanan akan berputar dengan secara tidak terkontrol. Ketika mobil berbelok ke kiri, maka roda kiri akan berputar lebih perlahan daripada yang kanan dan begitu pula sebaliknya.

Sedangkan fungsi oli gardan disini adalah sebagai pelumas permukaan kontak gigi gardan, serta untuk mendinginkan. Eksistensi oli gardan pada mobil sangat krusial untuk perawatan, terlebih lagi gardan memiliki gear yang pasti selalu bergesekan. Timbulnya suara dengungan ketika mobil dicoba untuk ngegas bisa menjadi indikasi oli gardan sudah berkurang. Jika oli gardan habis atau bocor, berakibat pada gardan akan panas yang kemudian memuai dan macet.

Oli gardan juga bisa bocor karena baut pengurasnya yang kurang kencang, atau ada kebocoran seal. Oli gardan disarankan untuk ganti setiap 40.000 Km perjalanan, biasanya perjalanan sejauh itu membutuhkan 1 liter oli. Jika tidak diganti maka oli bisa mengental, sehingga gardan lebih berat untuk berputar begitu pula tenaga yang dikeluarkan mobil, dan efek terakhir adalah terkurasnya bahan bakar.

Karena posisi gardan ada di bagian depan, maka pengendara bisa dengan mudah mengindikasi keadaan apakah gardan sudah harus ganti oli atau belum. Biasanya ada beberapa gejala yang muncul, seperti adanya suara mendengung di bawah mobil, getaran di bagian body mobil ketika melintasi jalur menurun, dan timbul suara saat sedang belok.

Beberapa gejala di atas menjadi tanda bahwa oli gardan sudah tidak layak lagi menjadi pelumas untuk gigi-gigi dengan baik. Permukaan gigi yang tidak licin menjadi penyebab timbulnya bunyi atau getaran yang tidak seharusnya. Namun hal tersebut tidak usah dikhawatirkan, mengingat Evalube memiliki produk khusus oli gardan dengan kualitas jempolan dan harga oli gardan mobil dari Evalube cukup aman di kantong.

Evalube datang untuk memenuhi akan kebutuhan oli gardan dengan produknya GL-4 dan GL-5. Perlu diketahui bahwa API GL-4 dan GL-5 memiliki spesifikasi yang cocok digunakan untuk oli gardan, namun ada perbedaan dengan API service di oli mesin yaitu ada di paket aditifnya. Oli gardan punya paket aditif extreme pressure.

Gearbox yang ada pada gardan mobil bekerja dengan beban yang cukup berat (hi-     load) sehingga kehadiran oli gardan sangat dibutuhkan untuk mampu menahan tekanan tinggi tersebut saat mobil sedang berkendara. Selain aditif extreme pressure dalam oli gardan mobil juga terdapat aditif lainnya, misalnya anti wear.

Aditif anti wear ini memiliki fungsi untuk meminimalisir gesekan antar gigi di dalam gearbox yang ada di gardan, sehingga diharapkan memiliki umur yang lebih tahan lama. 

Lalu untuk perbedaan oli gardan mobil dari GL-4 dan GL-5 sebenarnya hanya seberapa banyak kandungan aditif yang terdapat di dalam masing – masing produk.

Oli gardan yang API GL-5 memiliki aditif pack seperti extreme pressure yang terkandung lebih banyak ketimbang API GL-4. Nah, untuk penempatan kendaraan kedua produk juga terdapat perbedaan. Biasanya untuk motor matic bisa memakai oli gardan dengan API GL-4 sekalipun untuk motor matic era sekarang ini, sedangkan untuk produk satunya lagi yaitu GL-5 cenderung lebih pas digunakan untuk mobil.