Evalube

Daftar Harga Oli Gardan Mobil Terbaru November 2021 Semua Merk

Daftar Harga Oli Gardan Mobil Evalube November 2021

Oli Harga Volume
Evalube GL-4 SAE 90 Rp.39.300 1 liter
Evalube GL-4 SAE 140 Rp.40.300 1 liter

Update: 10 November 2021, sumber: Evalube.com

Evalube memiliki 2 varian produk oli gardan, harganya yang diproduksi juga tergolong murah jika dilihat dari kualitasnya. Kita coba bandingkan dengan merk oli yang lain, harganya masih lebih murah merk Evalube. Oli Gardan merk Evalube mulai dari Rp.39.300 per liter.

Daftar Harga Oli Gardan Mobil Merk Lain November 2021

Merk Oli Harga Volume
Toyota Motor Oil TMO GL-5 SAE 90 Rp.59.999 1 liter
Top 1 SGO MB SAE 90 Rp.54.560 1 liter
Top 1 SGO HD SAE 140 GL-5 Rp.59.840 1 liter
Pertamina Roder Epa SAE 90 GL-4 Rp.47.900 1 liter
Shell Spirax S2 A 80W-90 Rp.56.600 1 liter
Prestone GL-5 80W-90 Eco Guard Rp.90.000 1 liter
Mobil Mobilube HD SAE 80-w-90 Rp.90.000 1 liter
Valvoline Gear Gard Super GL-5 80w-90 Rp.61.200 1 liter
Bell 1 Gearmax S5 80w-90 GL-5 Rp.52.000 1 liter
FK FK Oli GL-5 80w-90 Rp.129.897 1 liter
Motul HDX SAE 80w-90 GL-5 Rp.129.000 1 liter
Caltex Delo Gear GL-5 SAE 80w90 Rp.87.000 1 liter
Castrol AXLE GL-5 SAE 85W-140 Rp.62.500 1 liter
Shell Spirax S3 G 80W Rp.68.000 1 liter
Top 1 SMO HP Sport SAE 0W-20 Rp.103.455 1 liter
Valvoline Gear Gard Super API GL5 SAE 80w-90 Rp.61.200 1 liter
Motul SAE 90 PA GL-5 Rp.190.000 2 liter
Bardahl Maxtran 5000 SAE 80W-90 Rp.260.000 4 liter

Update: 10 November 2021, sumber: tokopedia.com

Disclaimer: Table harga diatas didapat dari seller penjual oli di marketplace, harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa informasi.

Oli gardan mobil merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan dalam sebuah mesin gardan pada  kendaraan seperti mobil. Perannya cukup vital, karena berurusan dengan mesin gardan sebagai penggerak kendaraan. Bahkan bisa berakibat kerusakan mesin gardan apabila sebuah kendaraan tersebut kehabisan pelumas.

Setiap pengguna mobil mesti memahami permasalahan ini, mulai dari pengertian, fungsi, servis dan perlakuan lain semisalnya. Hal ini mengingat pentingnya pengetahuan tersebut, agar tidak celaka, dan mobil bisa terus awet digunakan dalam keseharian.

mengganti oli gardan mobil

Apa Itu Gardan?

Dalam membahas oli gardan mobil, pahami bahwa gardan atau differential adalah sebuah komponen yang penting untuk kendaraan agar bisa menggerakan laju mobil. Nah, salah satu bagian yang paling krusial adalah pada penggerak RWD maupun 4WD.

Gardan adalah salah satu bagian dari adanya sistem pemindah tenaga yang terletak di bagian poros axle roda dan propeller. Selain itu, gardan akan berguna sebagai memberikan perbedaan antara putaran roda serta daya cengkram roda.

Tujuannya adalah supaya kendaraan bisa berbelok lebih aman dan nyaman. Dari perbedaan putara inilah akibat dari mekanisme gear yang berada pada gardan tersebut.

Jenis Gardan Mobil

Gardan atau sering disebut sebagai differential memiliki beberapa jenis yang berbeda. Biasanya jenis-jenis gardan ini akan berdasarkan pada penggolongan, mulai dari teknologi hingga jenis gear yang digunakan.

Hal ini karena teknologi semakin maju dan pembaharuan dardan pun bisa dilakukan. Sehingga mampu untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

Pasalnya, gardan akan masuk ke dalam kategori jenis Power Train System dan mempunyai fungsi umum. Salah satunya adalah guna memberi perbedaan antara putaran roda juga traksi supaya kendaraan lebih nyaman saat sedang berbelok.

Fungsi Gardan

Salah satu fungsi gardan mobil yang utama adalah untuk bisa meneruskan tenaga putar yang diberikan oleh mesin pada bagian roda. Tujuannya adalah supaya kendaraan dapat bergerak maju maupun mundur secara optimal.

Selain itu, juga akan menjadi sebuah pembeda antara putaran roda ketika kendaraan akan berbelok. Karena jika mobil berbelok, jarak tempuh roda bagian belakang bagian kanan dan kiri akan berbeda.

Sehingga kondisi inilah yang membuat putaran kedua roda sangat berbeda. Tidak hanya itu saja, melainkan juga mampu untuk meningkatkan sebuah momen putaran output.

Pada bagian gardan yang cukup krusial sendiri di dalam perputaran mesin adalah bearing. Ada beberapa macam komponen gardan mobil serta fungsi dari bearing tersebut. Namun hal ini tergantung dari posisi maupun penempatannya.

Cara Kerja Gardan Mobil Differential


Source video dari Youtube Cara Kerja Gardan Mobil

Komponen Gardan

Untuk bisa menjalankan fungsinya, maka gardan sendiri tidak akan terlepas dari adanya komponen utama gardan tersebut. Meskipun demikian juga tidak selamanya untuk mengesampingkan dari adanya komponen pembantu misalnya seperti seal.

Sementara untuk bisa menjalankan prinsip kerja dari gardan, maka keberadaan oli gardan mobil akan sangat penting. Salah satunya adalah supaya bisa bekerja secara optimal serta menjaga komponen gardan agar tidak rusak dan aus.

Pengertian Oli Gardan

Oli gardan adalah sebuah pelumas yang memiliki peran melumasi komponen motor pada bagian gardan, agar tetap berputar dan menjalankan kendaraan bermotor. Oli gardan mobil tentunya berbeda dengan oli transmisi, meskipun hampir mirip. Peradaban adalah oli gardan lebih banyak mengandung zat penyusun yang lebih komplek.

Pentingnya Oli Gardan

Oli gardan memiliki fungsi dan kegunaan yang cukup esensial pada kendaraan bermotor seperti mobil dan motor. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya fungsi dari oli pelumas ini. Berikut adalah fungsi dan deskripsinya singkat. Pada komponen gardan bisa berjalan apabila sudah dilumuri dengan menggunakan oli gardan yang berguna sebagai pelumas permukaan gardan. Sehingga oli tersebut sangat berguna untuk memberi rasa atau efek dingin pada bagian gardan mobil.

Untuk kendaraan roda empat menggunakan transmisi otomatis, maka gardan sangat penting guna mengatur kecepatan akan perputaran roda. Nah, jika fungsi gardan tersebut terganggu, maka akan menimbulkan beberapa macam risiko.

Manfaat & Fungsi Oli Gardan

Karena pada bagian gardan memiliki gigi yang akan selalu bergesekan dengan yang lain, maka keberadaan oli gardan ini sangat berguna. Berfungsi sebagai pelumas pada bagian transmisi otomatis pada kendaraan mobil.

  • Menghindari Suara Bising
    Terjadinya gesekan di setiap komponen gear akan mengakibatkan dan menyebabkan gir transmisi menjadi rusak. Sehingga hal ini akan menimbulkan suara bising yang berasal dari kotak CVT tersebut. Sehingga penggantian oli secara berkala sangat penting agar tidak terjadi suara bising lagi.
  • Sebagai Pelumas Gear Ratio
    Fungsi oli gardan mobil selanjutnya adalah sebagai pelumas pada bagian gear ratio. Sebab, pada mesin kendaraan dengan menggunakan transmisi otomatis akan sangat bergantung dengan fungsi gear ratio-nya. Maka dari itu, kinerja pada gear ratio juga harus selalu kita jaga supaya tidak mudah rusak. Pada kendaraan dengan model transmisi otomatis, mereka bergantung sangat pada gear ratio. Makannya perlu oli gardan untuk mencegah terjadinya kerusakan. Karena jika telah terlanjur rusak, biaya perbaikannya tentu lebih mahal.
  • Mencegah Overheat
    Oli gardan ternyata sangat penting sebagai proses pendinginan mesin gardan sendiri. Sehingga performa kendaraan juga tidak akan cepat rusak maupun terganggu. Oleh sebab itu sebisa mungkin jangan sampai kehabisan oli gardan, karena bisa membahayakan komponen kendaraan. Apabila sebuah mobil atau kendaraan kehabisan oli ini, maka salah satu efek yang didapatkan adalah suhu mesin gardan tidak berfungsi. Hal ini bisa menyebabkan panas yang berlebih pada mesin gardan dan kerusakan tentunya. Kemudian sebagaimana komponen lain, biaya perbaikan komponen yang rusak tentu lebih mahal dari biaya perawatan.
  • Untuk Mengurangi Gesekan Antar Komponen
    Ketika sedang berkendara, tentunya juga akan terjadi suatu gesekan antara setiap komponen, salah satunya bagian gardan. Sementara itu, keberadaaan oli berguna untuk meminimalisasi antara gesekan tersebut. Jadi, bisa dibayangkan saja jika oli tersebut habis, tentu akan terjadi gesekan yang hebat.
  • Melapisi Komponen Transmisi
    Pada sebuah mobil dengan sistem transmisi otomatis, komponen gardan berfungsi sebagai pengatur kecepatan roda. Maka apabila perawatannya kurang maksimal, tentu akan mengganggu laju kendaraan. Bahkan akan berbahaya jika menghambat proses mobil dalam membelok. Nah oli ini berfungsi untuk melapisi komponen transmisi agar semua dapat berfungsi dengan baik.

Perbedaaan Oli Gardan & Oli Transmisi

Oli gardan mobil dan oli transmisi merupakan dua komponen yang memiliki fungsi yang sama sebagai pelumas agar performa kendaraan lebih baik. Meski demikian, ternyata keduanya memiliki peranan yang cukup berbeda-beda. Sebab oli gardan maupun oli transmisi bisa kita bedakan berdasarkan pada takaran penggunaan, fungsi, periode penggantian, hingga spesifikasi.

Selain itu, perbedaan antara keduanya juga dapat terlihat dari kegunaan maupun formulanya masing-masing. Pada oli transmisi adalah pelumas yang digunakan sebagai pelindung komponen sistem transmisi.

Pasalnya, oli jenis ini juga akan terbagi menjadi dua bagian, yaitu oli transmisi untuk mobil manual dan otomatis. Oli transmisi tersebut akan bekerja dengan cara melumasi gear percepatan maupun komponen lain.

Untuk oli gardan sendiri adalah minyak pelumas yang berguna untuk komponen differential atau gardan. Salah satu fungsinya adalah guna melindungi komponen yang ada di gardan seperti drive pinion, side gear, maupun komponen yang lain.

Oli Gardan Mobil SAE Berapa?

Biasanya pada bagian mobil penggerak belakang (FR) akan menggunakan oli transmisi SAE hingga 40 sampai dengan 90. Sementara itu, untuk oli gardan umumnya akan menggunakan SAE dari 90 hingga 140 dengan API GL 5.

Namun untuk transmisi otomatis akan menggunakan oli Automatic Transmission Fluid atau ATF. Sebab oli seperti ini hanya untuk sistem transmisi otomatis karena tidak dapat diganti dengan menggunakan jenis oli yang lain.

Tanda-Tanda Harus Mengganti Oli Gardan

Oli gardan memang wajib kita ganti secara berkala setidaknya satu tahun atau jika sudah menempuh jarak hingga 40 ribu km. Meski demikian, hal ini memang belum bisa selamanya untuk menjadi patokan utamanya, sebab semua juga tergantung dengan jenis mobil tersebut.

  • Muncul Suara Saat Berbelok
    Sebagai salah satu komponen terpenting ketika mobil berbelok, maka keberadaan gardan akan langsung bekerja secara efektif. Namun jika Anda mendengar suara di antara roda gigi, maka sudah jelas jika oli gardan mobil sudah tidak layak pakai lagi.
  • Suara Mesin Mendengung
    Apakah Anda pernah mendengar suara berdengung dari arah bawah mobil? Jika iya, maka suara tersebut akan semakin keras apabila Anda kian kencang mengendarainya. Suara ini akibat dari gear mesin yang tidak mendapat pelumas dari oli, jadi Anda perlu mengganti oli gardan.
  • Kendaraan Bergetar
    Ketika Anda sedang mengendarai dan berada pada bagian jalanan turunan serta mobil secara tiba-tiba bergetar, ini pertanda bahwa oli gardan sudah tidak layak pakai. Biasanya hal ini terjadi akibat dari gardan menahan beban mobil namun tidak bisa bekerja secara maksimal.
  • Oli Gardan Akan Terkontaminasi
    Ternyata tidak hanya udara saja yang dapat terkontaminasi, melainkan oli gardan juga dapat terkontaminasi juga. Hal ini karena terlalu sering digunakan jadi akan encer dan terkontaminasi. Ini pertanda bahwa Anda perlu mengganti oli gardan yang bau lagi.

Efek Tidak Mengganti Oli Gardan Rutin

Sama halnya seperti pada mesin maupun transmisi, gardan juga sangat memerlukan pelumas supaya kinerjanya bisa maksimal. Sebab gardan sendiri memang memiliki fungsi yang penting guna memberi menyalurkan putaran pada mesin ke roda.

Lalu bagaimana akibatnya jika oli gardan mobil tidak diganti secara rutin? Sudah jelas pasti kinerja kendaraan tidak bisa berjalan maksimal lagi. Agar lebih jelasnya lagi, mari kita simak penjelasannya berikut ini!

  • Roda Akan Sulit Anda Kendalikan
    Roda mobil akan disetel supaya dapat diatur maupun dikendalikan sesuai dengan keinginan para penggunanya. Namun perputaran roda juga tidak selamanya akan memiliki kecepatan yang sama.Karena gardan sangat berguna untuk mengatur kecepatan antara perputaran roda di dalam transisi otomatis. Namun fungsi gardan tidak akan sempurna apabila oli yang digunakan sudah tidak layak pakai dan akhirnya tidak bisa bekerja lebih maksimal.
  • Timbul Suara Bising
    Salah satu efek yang kedua yaitu akan timbul suara bising yang dihasilkan dari mesin akibat tidak diganti oli. Pasalnya, suara ini terjadi akibat adanya gesekan pada komponen gear yang membuat kerusakan pada bagian gear transmisi.Suara tersebut berasal dari kotak CVT, sehingga akan membuat penggunanya merasa tidak nyaman dengan suara tersebut. Bahkan saat mengendarai di jalanan yang datar sekalipun, suara bising tersebut akan terdengar juga.
  • Meningkatkan Suhu Lebih Tinggi
    Jika Anda lupa tidak mengganti oli gardan mobil, maka dampak yang akan Anda rasakan kendaraan menjadi overheat. Karena peran terpenting oli gardan tidak hanya untuk pelumas saja, melainkan pendingin mesin gardan.Jika Anda lupa tidak mengetahuinya, maka membuat suhu pada bagian gardan mobil akan menjadi macet. Apabila sudah macet, maka suhu pun juga akan overheat atau berubah semakin tingg. Hingga pada akhirnya membuat komponen gardan tersebut memuai.
  • Gear Ratio Bisa Rusak
    Pasalnya semua jenis kendaraan akan menggunakan transmisi otomatis karena kinerjanya juga tergantung dari gear ratio. Hal ini sebab gear ratio bisa berfungsi lebih baik asalkan terdapat oli gardan dalam kondisi masih bagus.Namun bagaimana jika tidak terdapat oli? Sudah jelas gear ratio-nya juga tidak dapat berfungsi lagi. Karena saat kerusakan terjadi, maka hal yang perlu dilakukan adalah mengganti komponen tersebut.

Berapa SAE Oli Gardan Mobil?

Oli gardan pada dasarkan akan berbeda dengan oli mesin, baik dari segi fisik maupun fungsinya. Sebab oli gardan berguna sebagai pelumas bagian roda gigi dalam gardan, yaitu di celah-celah roda giginya lebar.

Maka dari itu oli gardan mobil harus lebih kental daripada jenis oli mesin. Biasanya tingkat kekentalan ini dapat mencapai kurang lebih SAE 90.

Biasanya oli gardan juga dapat Anda temui pada jenis kendaraan mobil dengan menggunakan penggerak roda belakang (RWD). Sementara untuk mobil penggerak roda depan (FWD) memiliki ciri mersin sejajar dengan sumbu roda dan pelumas untuk gardannya telah didapatkan dari oli transmisinya. Sehingga untuk mobil seperti Suzuki Ertiga maupun Honda Mobilio tidak harus memikirkan soal oli gardan.

Karena Toyota Avanza mempunyai gardan pada bagian roda belakang, maka penggantian oli jangan sampai Anda sepelekan. Salah satu spesifikasi oli gardan yang tepat untuk mobil ini adalah oli gardan SAE 140.

Berapa Volume Oli Gardan yang Dibutuhkan?

Kali ini kita akan mengambil contoh pada kendaraan mobil Avanza dengan oli gardan mobil yang akan digunakan ketika servis ganti oli. Hal ini memang bisa Anda tanyakan langsung dari tukang bengkel, namun apabila Anda ingin menggantinya sendiri, maka harus sudah paham mengenai volume yang dibutuhkan.

Jumlah oli pada mobil Avanza untuk transmisi manualnya yaitu sebanyak hingga 1,2 liter. Tentu berbeda lagi dengan oli transmisi manual. Sebab jenis ini yang akan digunakan adalah Gear Oil dan AI LG-4 serta dengan viskositasnya yakni SAE 80W san juga SAE 75W-90.

Sementara itu untuk kapasitas oli transmisi otomatis pada mobil Avanza sebanyak 4,6 liter oli. Tetapi jika akan dilakukan pengurasan secara keseluruhan jumlahnya dapat bertambah hingga dua kali lipat.

Sementara itu untuk kapasitas oli gardan pada mobil Avanza differential bagian belakang yakni sebanyak 2,4 liter. namun untuk menggunakan oli gardan mobil akan lebih baik jika menggunakan Hypoid Feat Oil yang menggunakan API GL-5 serta kekentalan mencapai SAE 90.

Merek Oli Gardan yang Ada di Pasaran

Berikut ini merupakan beberapa daftar merek oli gardan terbaik dan bagus yang ada dipasaran. Nah, Anda bisa memilih salah satu diantaranya seperti berikut ini:

  1. Evalube GL-4 SAE 90
  2. Evalube GL-4 SAE 140
  3. Shell Spirax S2 A 80W-90
  4. Kendal Special Limited Slip 80W-90
  5. STP Gear Oil SAE 80W-90
  6. Unilub Gear SAE 90 MTF
  7. Castrol gardan ALS9
  8. Unilub Gear SAE 140 MTF

Evalube GL-4 Oli yang Bagus Untuk Oli Gardan & Oli Transmisi Manual

Evalube GL-4 merupakan salah satu pelumas roda gigi pada kendaraan dengan menggunakan minyak dasar berupa mineral yang sangat berkualitas. Dengan tingkat kestabilan dan temperatur serta kemampuan untuk menahan beban lebih baik sesuai API GL-4.

Oli gardan mobil yang satu ini juga sangat direkomendasikan untuk penggunaan pada jenis transmisi manual serta roda gigi hypoid, helical maupun spiral bevel. Tidak hanya itu saja melainkan juga roda gigi cacing, sistem kemudi serta transfer-case.

Bahkan juga bisa digunakan ula pada transfer-case dan gear box pada mesin konstruksi maupun pertanian. Sebab dengan menggunakan additive khusus sehingga mampu memberi perlindungan ekstra untuk bisa menahan beban sangat berat di roda gigi.

Selain itu dengan tingkat kestabilan oksidasi dan temperatur yang baik maka bisa membantu bagian permukaan bearing selalu bersih. Lalu dengan aditif khusus yang mampu memberi perlindungan pada karat untuk komponen metal. Oli jenis ini juga merupakan oli terbagus dan terbaik karena dapat digunakan juga untuk oli gardan

Keunggulan Evalube GL-4 Dibanding Oli Gardan Merek Lain

Seperti pembahasan sebelumnya bahwa Evalube GL-4 merupakan Hypoid Gear Oil yang sangat berkualitas karena memiliki kestabilan temperatur. Selain itu, juga memiliki kemampuan dalam menahan beban yang berat sekalipun sesuai dengan persyaratan API GL-4.

Keunggulan lainnya adalah telah diformulasikan khusus dan sesuai GL-4. Bahkan tidak akan menimbulkan lapisan kaca atau licin pada bagian komponen synchronizer.

Mengandung aditif EP serta anti wear supaya komponen pada roda gigi tetap awet. Dengan memenuhi standar produksi pelumas, maka akan lebih stabil lagi terhadap panas dan mampu menjaga tingkat kekentalan oli gardan mobil.