Gardan Mobil Suka Mendengung? Begini Solusinya!

By Administrator 04 Sep 2021
 

Kendaraan yang sedang menarik tenaga saat mulai untuk berjalan untuk kemudian mengeluarkan suara mendengung itu berarti menandakan bahwa ada penyakit pada bagian gardan. 

Pasalnya, komponen mobil yang berbentuk batang dan memoros tersebut bergerak memutar untuk menggerakan roda depan terutama untuk belok sekaligus berfungsi untuk menahan bobot yang terdapat pada mobil.

Apalagi gardan juga punya fungsi lain untuk memindahkan torsi dan tenaga mesin ke roda penggerak dari mesin transmisi. Terutama untuk mobil dengan front-wheel-drive, gardan depan dan transmisi akan bergabung yang disebut dengan transaxle.

Lalu untuk kendaraan rear-wheel drive, mesin hanya terhubung dengan poros penggerak, dimana bagian mesin bertugas memutar poros penggerak yang ada di bagian belakang mobil. 

Bunyi berdengung adalah indikasi bahwa ada bagian yang rusak atau mengalami keausan. Biasanya masalah tersebut berkaitan dengan ring-ring gigi pada gardan mobil yang mulai mengalami keausan atau kerenggangan pada gigi pinion dan hal tersebut mesti disetel ulang.

Pemasangan yang salah pada ring dan pinion gear cukup beresiko, mengingat keduanya berfungsi untuk mencegah kesalahan kontak gigi dan meminimalisir keausan gigi. Jika salah pemasangan maka bisa menyebabkan kerusakan gigi mobil. 

Suara dengungan akan menjadi suara menggeram yang lebih nyaring saat meningkatnya keausan. Tak hanya masalah pada ring dan pinion gear, dengungan juga bisa dikarenakan oleh bantalan yang juga mengalami keausan, dan itu perlu diganti juga.

Solusi dari masalah ini ada 2 jalan, yaitu harus membongkar atau hanya perbaikan kecil. Tentunya sesuai dengan diagnosis masalah yang dihadapi mobil

Perbaikan kecil bisa dengan menggunakan oli gardan baru dan lebih kental, untuk ini Evalube sudah menyediakan dengan harga oli gardan mobil yang tentunya lebih ekonomis. Atau, hanya dengan mencampurkan grease atau stempet pada oli gardan.

Namun perlu diingat, metode yang terbilang mudah ini tidak bisa dikategorikan sebagai cara utama, melainkan hanya  untuk mensiasati dan bersifat sementara. Cara terbaik tetap dianjurkan untuk membongkar dan mengganti bagian yang aus.

Lalu cara lain, bisa untuk langsung memperbaiki gardan termasuk setel ulang jarak antara gigi Crown Wheel dan Pinion. 

Tak lupa juga untuk mengganti komponen yang rusak. Khusus bagian yang aus lebih baik serahkan pada yang ahli di bengkel. Selain di bengkel alatnya lebih lengkap, para mekanik juga akan bekerja seefektif dan sebaik mungkin untuk masalah pada mobil Anda.

Untuk kebutuhan oli gardan terbaik, Evalube telah menyediakan produk Evalube GL-4, yang merupakan Hypoid Gear Oil dengan formula base oil mineral kualitas tinggi, dengan kemampuan menahan beban kerja yang baik.

Pengaplikasian Evalube GL-4 ini bisa untuk melumaskan gardan mobil bensin maupun diesel, hingga mobil manual ataupun matic. Untuk pelumas mesin transmisi, bisa untuk mobil bensin dan diesel namun khusus untuk jenis mobil manual.

Terkait harga oli gardan mobil dari evalube ini cukup terjangkau, ada varian SAE 90 dengan harga sekitar 40 ribu per botol dan juga SAE 140 memiliki harga sekitar 43 ribu per botol. Kedua harga tersebut adalah untuk ukuran 1 liter.

Harga oli gardan mobil milik Evalube ini bisa bersaing di pasaran dengan brand lain, namun untuk kualitas oli dari Evalube patut diperhitungkan untuk menjaga stabilitas gardan mobil demi menunjang kenyamanan berkendara.