Cara Mengatur Spion Yang Mudah dan Efektif pada Mobil

By Administrator 16 Agu 2023
 

Kaca spion mobil adalah komponen penting yang menunjang keselamatan pengemudi selama berkendara. Untuk itu, kaca spion harus terletak pada posisi dan sudut yang benar sehingga pengemudi dapat melihat kondisi di belakang mobil dengan tepat.

Pengemudi memang disarankan selalu mengecek kondisi di belakang mobil yang merupakan area blind spot untuk memastikan kondisi berkendara aman. Agar pandangan tidak terganggu saat berkendara, pastikan jarak pandang pada spion sudah benar.

Dalam mengatur jarak pandang kaca spion mobil ini tak boleh asal karena bisa berisiko menyebabkan kecelakaan. Berikut cara mengatur kaca spion mobil yang benar:

1. Duduk di kursi pengemudi

Untuk mengatur kaca spion agar sudutnya pandangnya tepat yang pertama harus dilakukan adalah duduk di kursi pengemudi. Pastikan posisi jok mobil nyaman dan setir juga dapat dikendalikan dengan nyaman. Selain itu, pengemudi juga harus memastikan bisa menjangkau rem, memindahkan gigi, dan akselerator dengan mudah.

Untuk spion tengah yang berada di tengah, diatur dengan digerakkan sampai posisinya tegak. Pastikan Anda tak perlu mendongakan kepala atau mengangkat kepala untuk melihat kondisi belakang.

Spion tengah yang teratur dengan benar membuat pengemudi tak perlu susah payah melihat ke belakang saat akan mundur.

2. Spion samping

Untuk mobil keluaran terbaru, biasanya sudah dilengkapi dengan fitur yang memudahkan mengatur kaca spion samping. Mobil-mobil terbaru dilengkapi dengan tuas kendali kecil di bagian pintu samping yang berfungsi untuk menyesuaikan posisi kaca spion samping.

Tetapi, apabila mobil Anda belum dilengkapi dengan fitur ini, Anda perlu mengatur kaca spion dengan manual. Caranya dengan menggunakan tuas, atau gerakkan spion secara langsung sampai sudut paling tepat di mana Anda merasa bisa leluasa melihat ke belakang. Selain itu, pastikan juga bagian sisi mobil belakang masih kelihatan untuk menghindari tabrakan atau benturan.

3. Kaca spion sisi penumpang

Kaca spion di samping penumpang juga perlu diatur dengan benar. Kunci dalam mengatur kaca spion sendiri adalah kaca spion kendaraan semaksimal mungkin sejajar dengan bodi kendaraan, dan fokuskan ke luar dari kendaraan.

Selain itu, penumpang juga harus bersikap dengan baik di dalam mobil. Dengan memakai sabuk pengaman dan duduk dengan tenang. Pasalnya jika penumpang bergerak terlalu agresif, bisa menghalangi sopir untuk melihat spion.

Jika kaca spion dirasa sudah terpasang dengan benar, untuk memastikannya duduklah di kursi pengemudi. Edarkan pandangan pada semua sisi spion sampai dirasa sudah terpasang dengan sudut benar dan nyaman.

Pastikan juga menggunakan spion standar pabrikan. Jangan gunakan spion sembarangan dengan ukuran tertentu yang justru bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.