Bahaya, Ini Ciri-ciri Oli Gardan Motor Matic Telah Habis

By Administrator 12 Apr 2022
 

Penggantian oli gardan matic secara berkala sama pentingnya dengan penggantian oli mesin. Sebab, jika oli gardan matic  telat diganti, maka efeknya yaitu gear ratio akan cepat rusak, dan suaranya menjadi lebih kasar.

Apakah kamu termasuk salah satu pengendara motor matic yang terkadang suka lupa untuk mengganti oli gardan? Kamu perlu membaca artikel ini hingga selesai untuk mengetahui ciri oli gardan matic telah habis agar ketika ciri tersebut terdapat pada motor kamu, kamu bisa segera melakukan penggantian oli tersebut.

 

Fungsi Oli Gardan Matic Pada Motor

Oli gardan pada motor matic berfungsi untuk melumasi dan melancarkan gear ratio pada sistem transmisi otomatis. Oleh sebab itu, jika penggantian tersebut terlambat, gear ratio pun akan cepat rusak dan terjadi kerusakan-kerusakan lainnya.

Waktu yang ideal bagi pengguna motor matic yaitu mulai dari 4 hingga 8 bulan pemakaian, tergantung pada jenis dan merk motor yang digunakan. Ada pula yang setelah 3 bulan pemakaian, oli gardan tersebut sudah harus diganti.

Selain itu, kapan waktu penggantian oli gardan juga dapat diketahui melalui jarak tempuh, jika jarak tempuh telah mencapai 8000 km maka, kamu harus mengganti oli gardan motor kamu segera.

Oli gardan matic bisa bertahan lebih lama dari oli mesin dikarenakan oli mesin bekerja lebih berat dibandingkan oli gardan yang hanya berfungsi melumasi roda gigi motor.

Tujuan penggantian oli transmisi ini secara rutin yaitu agar perpindahan transmisi otomatis pada motor kamu tetap lancar dan membuat CVT nya lebih awet.

 

Ciri-ciri Oli Gardan Matic Harus Segera Diganti

Berikut ini ciri-ciri oli gardan matic telah habis dan harus segera diganti:

Terdengar Suara Bising Dari Boks CVT

Oli gardan yang sudah lama tidak diganti akan menyebabkan suara bising dan mengganggu keluar dari motor matic yang kamu kendarai yang terdengar berisik ‘kletek-kletek’.

Hal ini dikarenakan oli gardan yang digunakan untuk menggerakkan transmisi otomatis sudah mulai encer atau tidak kental lagi. Jangan sampai beberapa komponen motor matic kamu jadi rusak karena jarang ganti oli gardan.  Kalau tidak, biaya perbaikannya bisa berkali lipat lebih besar dibandingkan biaya penggantian pelumasnya.

Motor Bergetar

Jika saat motor dikendarai mesinnya tiba-tiba bergetar dan mengeluarkan suara kasar, artinya oli gardan kendaraan mu tersebut harus cepat diganti. Hal tersebut terjadi karena pelumasan tidak lagi berjalan sempurna, sehingga ketika melewati jalan-jalan tertentu seperti turunan, getaran tersebut tidak bisa dihindari.

Oli Gardan Sudah Terkontaminasi

Oli gardan memiliki kekentalan hingga SAE 70 pada mobil, sedangkan pada motor matic harus berada pada kekentalan SAE 140 atau SAE 90. Seiring dengan lamanya penggunaan kendaraan, kekentalan oli gardan pun lama kelamaan akan berkurang dan terkontaminasi.

Jika hal ini terjadi pada motor ataupun mobil kamu, artinya oli gardan harus segera diganti karena sudah tidak layak untuk dipakai lagi.

 

Ke-3 ciri di atas merupakan tanda bahwa oli gardan matic kamu perlu diganti segera. Penggunaan merk oli gardan yang tidak tepat juga bisa menyebabkan kerusakan pada motormu.

Kami sarankan untuk memilih merk oli gardan terbaik yang dapat bekerja optimal untuk menghindari kerusakan parah pada kendaraan. Oli gardan terbaik adalah yang yaitu Evalube. Evalube merupakan oli gear dengan formula unggulan yang cocok untuk semua tipe motor matic.

Nikmati kemudahan dalam pembelian produk oli terbaik dari Evalube di sini.