Sebelum Mematikan Mesin Mobil, AC Baiknya Tetap Menyala atau Dimatikan?

By Automotive Evalube 24 Apr 2024
 

Mematikan mesin mobil adalah hal yang sangat mudah, pengemudi tinggal memutar kunci kontak ke posisi off maka secara otomatis mesin akan mati karena sistem kelistrikan terputus sehingga pengapian dan sulpai bahan bakar terhenti. 

 

Salah satu anggapan di masyarakat soal mematikan mesin ini adalah, AC harus lebih dulu dimatikan sebelum mematikan mesin. Akhirnya timbul pertanyaan apakah jika mematikan mesin tetapi AC menyala maka akan membuat AC menjadi cepat rusak? 

 

Menurut ahli, ternyata mematikan mesin saat AC masih menyala tak dianjurkan. Jika terjadi karena ketidaksengajaan atau sesekali lupa tak masalah. Tetapi, jika sering terjadi maka bisa menyebabkan kerusakan pada kompresor AC karena terjadi hentakan mendadak saat mesin mati. 

 

Bukan hanya itu, saat mesin mobil dinyalakan dalam keadaan AC menyala ternyata bisa menyebabkan kerusakan pada alternator dan aki. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk lebih dulu mematikan AC sebelum mematikan mesin. Selain untuk menjaga AC juga agar tak timbul masalah pada sektor mesin. 

 

Selain lupa matikan AC, berikut beberapa kebiasaan lain yang harus dihindari saat hendak mematikan mesin mobil: 

 

  1. Mematikan Mesin Saat Putaran Masih Tinggi 

 

Mematikan mesin saat putaran masih tinggi atau baru saja menginjak gas bisa merusak komponen mesin. Pasalnya, piston masih bekerja keras dan komponen di dalam mesin masih membutuhkan oli untuk perlumasan. Saat mesin dimatikan, maka oli berhenti bekerja sehingga komponen bisa aus. 

 

  1. Mematikan Mesin Mobil Saat Audio Masih Menyala 

 

Mematikan mesin mobil sebaiknya juga setelah perangkat audio dipastikan mati. Pasalnya, audio akan langsung menyala saat mesin kembali dihidupkan. Hal ini akan menyebabkan perangkat audio mendapat tegangan dari aki atau baterai yang kurang stabil sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen di dalamnya. 

 

Itu dia beberapa kebiasaan yang perlu dihindari saat akan mematikan mesin mobil. Pastikan mematikan mesin mobil dengan aman dan nyaman ya.