Jangan Asal Pakai Kaca Film Gelap, Pahami Risikonya

By Administrator 17 Apr 2023
 

Pada mobil, kaca film digunakan untuk mengurangi rasa panas atau silau karena paparan sinar matahari saat berkendara sehingga suhu kabin tetap terjaga. Selain itu, kaca film gelap juga berfungsi agar area di dalam mobil tak tampak dari luar sehingga membuat pengendara lebih nyaman dan privasi lebih terjaga.

Kaca film gelap juga membuat pengemudi merasa lebih aman dari pencurian, karena tak tampak dari luar. Jika kaca mobil terang, pencuri akan lebih mudah melihat kondisi di dalam mobil.

Namun, hal ini tak bisa membuat kita langsung bebas mengganti kaca film mobil kita menjadi gelap. Pasalnya, selain ada risikonya juga ada aturan mainnya.

Nah, berikut ini beberapa risiko memasang kaca mobil terlalu gelap:

1. Potensi tertangkap tilang oleh polisi

Memasang kaca film gelap ini tiap negara memiliki aturannya sendiri. Di Indonesia, aturan terkait tingkatan yang dijelaskan dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor.

2. Visibilitas berkurang

Kaca film mobil yang terlalu gelap dapat mengurangi visibilitas pengendara saat mendung atau malam hari. Pasalnya, kaca film terlalu gelap bisa memblokir cahaya masuk sehingga pengemudi kesulitan melihat kondisi jalanan.

Hal ini bisa berbahaya untuk pengemudi mobil juga pengendara lainnya di jalan raya.

3. Kualitas lampu mobil menurun

Ternyata, kaca film mobil terlalu gelap bisa menurunkan kualitas cahaya lampu mobil jika dilihat dari dalam. Hal ini akan mengurangi kecerahan dan jarak pandang lampu, sehingga membuat pengemudi kesulitan melihat jalan.

Lagi-lagi ini sangat berbahaya karena meningkatkan risiko kecelakaan.

Selain beberapa risiko di atas, kaca mobil terlalu gelap juga bisa menyebabkan suhu di dalam mobil yang meningkat sehingga terasa tak nyaman berkendara dalam waktu lama.

Kaca mobil terlalu gelap juga bisa dicurigai sebagai upaya melindungi kejahatan di dalam mobil. Seperti transaksi narkoba atau kejahatan lainnya.

Untuk itu, aturan gelap kaca film mobil diatur oleh negara untuk mengurangi risiko-risiko di atas.

Pastikan Anda memeriksa aturan memasang kaca film mobil sebelum mengganti kaca film mobil Anda menjadi gelap. Konsultasi terlebih dahulu dengan profesional di bidangnya agar tak berbahaya bagi diri Anda sendiri dan bagi orang lain.

Pastikan juga menggunakan kaca film mobil dengan kualitas yang baik agar tak mudah rusak.