Ganti Oli Motor 2 Tak, Bisa Setahun Sekali?

By Administrator 28 Nov 2022
 

Perawatan motor yang optimal tentu saja akan menunjang performa motor dan berkaitan dengan keawetan mesin motor tersebut. Namun, ada yang menyebut motor 2-Tak hanya perlu ganti oli mesin setahun sekali.

Banyak juga yang menyebut motor 2-Tak tidak perlu ganti oli sebanyak motor 4-Tak. Apa ini benar?

Ternyata, motor 2-Tak memang tak perlu sesering motor 4-Tak dalam ganti oli. Pasalnya, penggantian oli mesin pada motor 2-Tak hanya untuk melumasi bagian kopling dan transmisi saja.

Sementara penggantian oli pada 4-Tak untuk melumasi transmisi, kopling, crankshaft, piston, camshaft sehingga kerja oli berat.

Penggantian oli motor 2-Tak aman untuk interval jaran 12.000 km atau satu tahun sekali. Sementara untuk motor 4-Tak interval jaraknya 3000 km atau per tiga bulan.

Meski demikian, perlu diperhatikan untuk menggunakan oli terbaik untuk motor 2-Tak Anda. Evalube akan merawat motor Anda dan menjaga performanya tetap optimal.

 

Baca juga artikel terkait motor 2 tak disini:

 

Meski hanya perlu ganti oli mesin setahun sekali tapi motor 2-Tak tetap perlu dirawat berkala. Berikut beberapa cara perawatan motor 2-Tak:

1. Rajin bersihkan knalpot sekaligus saringannya

Motor 2-Tak memang terkenal memiliki asap hitam yang pekat. Hal ini akan berpengaruh pada knalpot yang pastinya akan mudah kotor. Untuk itu, perlu secara rutin mengecek kondisi knalpot dan membersihkannya dari sisa kerak oli.

Selain itu, perlu juga untuk mengecek bagian saringannya. Bersihkan bagian saringannya, paling tidak sebulan sekali untuk menjaga supaya kondisi pembakaran dalam keadaan prima.

2. Periksa kondisi busi secara berkala

Pada semua motor, busi memang menjadi komponen yang beresiko mengalami berbagai masalah. Apalagi pada motor 2-Tak, busi akan cepat kotor dan mengerak.

Selalu sediakan amplas untuk membersihkannya minimal dua minggu sekali. Penting juga untuk sedia busi cadangan agar sewaktu-waktu bisa digunakan untuk mengganti busi yang sudah aus atau soak.

3. Bersihkan karburator secara rutin

Karburator adalah salah satu komponen penting pada motor 2-Tak. Jika karburator kotor maka performa motor pun akan terasa menurun secara drastis. Sehingga, bakal memicu masalah lain.

Untuk itu penting untuk memeriksa dan membersihkan karburator secara rutin. Agar lebih aman, bawa motor ke bengkel untuk membersihkan bagian ini.

Selain ketiga cara di atas, yang penting diperhatikan dalam perawatan motor 2-Tak adalah oli samping. Pastikan menggunakan oli samping terbaik dari Evalube. Karena selain harga terjangkau, Evalube bekerja secara optimal untuk merawat motor Anda.