Apa Fungsi & Manfaat Oli Samping yang Ada pada Sepeda Motor 2 Tak?

By Administrator 27 Jul 2022
 

Motor menjadi salah satu jenis kendaraan yang paling banyak diminati masyarakat. Motor bermesin 2 tak tak lepas pula dari pilihan. Dalam motor 2 tak, terdapat dua macam jenis oli yang dibutuhkan, yaitu oli mesin dan oli samping 2 tak.

Keduanya memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda, walaupun fungsi utamanya sama-sama sebagai pelumas untuk komponen dalam motor. Lalu, apakah kamu tahu apa yang menjadi fungsi dan manfaat dari oli samping untuk motor 2 tak tersebut?

Baca juga artikel Rekomendasi Oli Samping 2 Tak yang Bagus & Wangi untuk Motor Jadul

 

Inilah Fungsi Oli Samping 2 Tak

Oli samping sering kali digadang-gadang sebagai nyawa dari motor 2 tak. Ketika oli samping sampai dalam keadaan yang tidak sesuai, seperti kehabisan misalnya, maka piston dalam mesin akan macet karena tidak terlumasi dengan baik. Hal ini bisa mengakibatkan dinding silinder rusak.

 

Berikut ini ialah daftar fungsi dan manfaat dari oli samping dalam motor 2 tak. Simaklah!

 

  • Sebagai Pelumas Silinder

Silinder mesin akan bergesekan dengan cepat dan kuat dalam waktu yang lama ketika motor beroperasi. Fungsi utama dari oli samping ialah untuk melumasi proses tersebut. Gesekan yang terjadi akan terminimalisir dengan adanya oli samping sebagai pelumasnya.

 

  • Berfungsi untuk Mempengaruhi Performa Mesin

Oli samping dapat diisikan dan digunakan sesuai dengan performa mesin yang diharapkan. Kamu bisa meminimalisir penggunaannya jika perlu, hanya saja performa dari mesin motor tidak akan seperti ketika kamu isikan dengan jumlah yang maksimal.

Semakin banyak kamu mengisi oli samping, maka akan semakin besar pula performa motor 2 tak kesayangan kamu.

 

  • Menjaga Dinding Silinder dan Head Piston

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, bagian silinder dalam mesin sangat dipengaruhi fungsinya oleh keberadaan oli samping. Ketika mesin motor memulai proses pembakaran, maka dinding silinder dan head piston akan sangat memerlukan oli samping.

Tanpa adanya oli samping yang cukup, bisa saja dinding silinder hancur akibat gesekan yang terjadi. Deposit pada ruang bakar pun jelas akan terjadi tanpa toleransi. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu kerja mesin.

 

  • Berfungsi Sebagai Pengharum

Motor bermesin 2 tak sudah pasti akan menyebabkan banyak polusi. Asap yang keluar dari hasil pembakaran memiliki kapasitas yang cukup besar. Fungsi oli samping ialah untuk memberikan harum yang tidak mengganggu ketika asap keluar dari proses pembakaran dalam mesin motor 2 tak.

Itulah fungsi dan manfaat dari oli samping 2 tak yang penting dan perlu untuk kamu ketahui. Lalu oli apa yang bisa kamu gunakan sebagai oli samping pada mesin motor 2 tak milikmu?

 

Evalube: Oli Samping 2 Tak Terbaik

Untuk mendapatkan oli samping dengan kualitas yang baik, maka kamu harus melakukan survei secara mendalam terlebih dulu. Jika kamu tidak melakukannya, bisa saja kamu mendapatkan oli samping yang tidak memenuhi kualitas yang tepat.

Tapi kamu tak perlu takut dan ragu lagi. Evalube adalah solusi terbaik yang bisa membantumu menyelesaikan masalah. Kami merupakan merk oli terbaik yang sudah bisa membuktikan kualitas dalam bentuk kepercayaan penuh dari banyak pengguna. Khusus oli samping, Evalube terkenal dengan 2 produknya yaitu Oli Evalube 2t (kemasan hijau) dan oli Evalube Pro 2t (kemawan kuning).

Kamu bisa memutuskan untuk beralih menggunakan oli samping dari Evalube sekarang juga. Dijamin kamu akan mendapatkan banyak manfaat baiknya. Untuk pembelian produk, bisa kamu lakukan di official store Evalube di Tokopedia & Shopee. Sedangkan untuk informasi lengkap lainnya mengenai Evalube, kamu bisa kunjungi laman produk oli samping kami.