Ini Penyebab Mobil Mogok Mendadak

By administrator 15 Feb 2021
 

Kamu pernah mengalami mobil mogok mendadak di jalan raya padahal bensin masih dalam keadaan penuh? Kehabisan bahan  bakar memang bukan menjadi satu – satunya masalah yang menyebabkan  mobil mogok saat digunakan, tetapi masih ada faktor – faktor lainnya seperti:

Berkurangnya Jumlah Oli

Oli berfungsi untuk melumasi komponen penting di dalam mesin agar tidak saling bergesekan dan bisa bekerja dengan baik. Saat jumlah oli berkurang tentu akan membuat oli kehilangan fungsinya. Komponen yang saling bergesekan ini bisa menimbulkan panas berlebihan pada mesin dan akhirnya mesin mogok mendadak.

Agar terhindar dari kejadian seperti ini, sebaiknya selalu periksa volume oli di mobilmu. Pastikan volume oli sesuai dengan kebutuhan agar tetap maksimal dalam melindungi mesin. Tak hanya oli mesin saja yang perlu kamu periksa, tetapi juga oli transmisi di mobilmu. Karena gearbox yang tidak terlumasi dengan baik juga bisa membuat mobil mati mendadak.

Mesin Overheat

Suhu mesin yang terlalu panas atau biasa disebut overheat ini bisa disebabkan karena beberapa hal, salah satunya karena jumlah air radiator yang habis. Air radiator ini berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap dingin. Tetapi saat air radiator ini habis maka suhu panas mesin tidak bisa teratasi dengan baik dan akhirnya mesin mengalami mogok mendadak.

Saat kamu mengalami kejadian seperti ini, sebaiknya tunggu sampai suhu mobil rendah dan tambah air radiator, lalu coba hidupkan mesin kembali. Apabila indikator suhu mesin masih menyala, sebaiknya bawa segera mobilmu ke bengkel terdekat agar masalah bisa segera diatasi.

Masalah pada Aki

Aki berfungsi untuk menyuplai kelistrikan pada kendaraan, saat aki bermasalah maka mobil bisa mengalami mogok mendadak. Kamu bisa memeriksa bagian ini saat mesin mobil tiba – tiba mati, karena bisa jadi kabel plus atau minusnya kurang kencang. Selain itu, aki yang  bermasalah ini juga bisa disebabkan oleh masa pakai aki sudah terlalu lama sehingga aliran listriknya banyak berkurang.

Untuk menghindari kejadian seperti ini, sebaiknya kamu rutin memeriksa kondisi aki. Selain melihat kualitas aki, kamu juga bisa memeriksa alternator. Alternator ini menjadi penyalur listrik ke aki yang bisa membuat kelistrikan mobil berjalan dengan baik.

Menjaga kesehatan kendaraan memang wajib untuk dilakukan karena itu akan berdampak pada kenyamanan kamu saat berkendara di jalan raya.