Cara Merawat Rem Mobil Agar Tetap Pakem

By Automotive Evalube 04 Mar 2024
 

Rem mobil adalah komponen keselamatan yang sangat penting pada mobil. Jika ada masalah pada rem maka keselamatan pengendara dan penumpang bisa terancam. 

 

Sebelum bepergian, baiknya memastikan rem tetap pakem dan dapat bekerja dengan baik. Agar rem selalu pakem, pemilik mobil harus selalu melakukan perawatan. 

 

Berikut ini cara merawat rem mobil agar tetap pakem: 

 

  1. Rutin Bersihkan Kampas Rem dan Cakram 

 

Kampas rem dan cakram akan gampang kotor karena efek pemakaian. Pasalnya, komponen ini bergesekan langsung dengan debu dan kotoran di jalanan sehingga mudah kotor. 

 

Agar rem tetap pakem, pemilik mobil harus membersihkan kampas rem secara berkala. Apabila dibiarkan, tumpukan debu dan kotoran ini bisa menyebabkan rem tak bisa bekerja secara maksimal. 

 

  1. Pastikan Minyak Rem Cukup 

 

Pemilik mobil juga harus rutin memeriksa kualitas dan jumlah minyak rem mencukupi. Apabila minyak rem dinilai kualitasnya sudah buruk seger diganti, ketika jumlahnya kurang segera ditambah. 

 

Pasalnya, minyak rem ini berfungsi untuk mengurangi panas rem akibat gesekan. Jadi, apabila kualitasnya buruk, rem bisa terlalu panas. 

 

Minyak rem pada mobil sebaiknya diganti tiap 20 ribu kilometer. Sementara untuk pengurasan setiap 40 ribu kilometer. Disarankan juga menggunakan minyak rem dengan kualitas baik dan terjamin sesuai rekomendasi pabrikan. 

 

  1. Gunakan Teknik Mengerem yang Tepat 

 

Teknik mengerem juga bisa memengaruhi kinerja rem. Jangan mengerem dengan cara yang kasar dan mendadak karena bisa merusak rem. 

 

Gunakan lah rem secara halus dan perlahan sehingga komponen rem tak gampang rusak. Kurangi kecepatan sebelum mengerem untuk berhenti. 

 

  1. Periksa Komponen pada Rem 

 

Beberapa komponen penting pada rem seperti piringan cakram, kaliper, dan piston harus dipastikan dalam kondisi baik. Beberapa ciri terjadinya masalah adalah muncul bunyi berdecit atau rem tak pakem. Jika sudah demikian jangan tunda menghubungi teknisi. 

 

  1. Servis Secara Berkala 

 

Servis secara berkala sangat penting untuk mobil agar semua komponennya diperiksa dan dipastikan dalam keadaan baik. Saat servis secara berkala ini minta teknisi untuk memeriksa kondisi rem apakah ada yang rusak atau harus diganti. 

 

Itu dia beberapa tips merawat rem agar tetap pakem. Jangan diabaikan apabila muncul masalah ya.