Bisakah Menggunakan Oli Mesin Mobil untuk Motor?

By administrator 20 Feb 2020
 

Setiap kendaraan bermotor seperti mobil dan motor memerlukan oli sebagai pelumas untuk melindungi komponen – komponen penting di dalam mesin. Fungsi oli mesin mobil dan motor ini pada dasarnya sama, yaitu untuk mengurangi gesekan dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien. Tetapi apakah oli mobil dapat kamu gunakan untuk melumasi mesin motor?

Karena oli mobil dan motor ini sama – sama memiliki kemampuan untuk melumasi mesin, jadi untuk sementara waktu oli mobil dapat digunakan pada motor apabila kamu memang kesulitan menemukan persediaan oli motor. Tetapi ketika kamu sudah mendapatkan oli yang sesuai untuk motor, sebaiknya kamu segera menggantinya dengan yang baru.

Walaupun memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melumasi mesin kendaraan, tetap saja fungsi oli keduanya ini memiliki perbedaan yang nantinya akan menimbulkan masalah pada motormu jika digunakan terlalu lama. Oli untuk motor memiliki zat aditif yang lebih banyak untuk melindungi komponen mesin dari gesekan sehingga mesin dapat bekerja lebih maksimal.

Lalu apa risiko yang akan dihadapi kalau kamu tetap memaksakan untuk menggunakan oli mobil pada motor? Roda gigi transmisi di sepeda motor akan menjadi lebih cepat aus dan mesin juga akan mengalami masalah karena kurang terlumasi dengan baik. Tak menutup kemungkinan motormu akan mengalami mogok ketika mesin motor sudah mengalami masalah seperti ini.

Jadi sebaiknya pilihlah oli yang sesuai dengan jenis kendaraan bermotor milikmu, jangan menggunakan oli mobil untuk digunakan pada motor karena akan menimbulkan masalah lain yang akan merugikan dirimu sendiri. Pilihlah oli sesuai anjuran dari pabrik untuk digunakan pada motor yang kamu miliki agar performa mesin motor tetap terjaga dan lebih awet.