Mobil Sering Dipakai Ngebut? Komponen Mobil Ini Bisa Kena Dampaknya

By Automotive Evalube 04 Mar 2024
 

Kebiasaan pengemudi mengendarai mobilnya sangat berpengaruh pada kondisi komponen-komponen mobil. Salah satu kebiasaan yang perlu dihindari adalah hobi kebut-kebutan. 

 

Sering ngebut di jalan faktanya bukan hanya membahayakan diri sendiri dan orang lain tetapi juga bisa berdampak buruk pada beberapa komponen mobil. 

 

Berikut ini beberapa komponen mobil yang bisa rusak kalau mobil sering dipakai kebut-kebutan:

 

  1. Karburator 

 

Karburator merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang berfungsi sebagai mekanis manual untuk memasok bensin menuju ke silinder. Jadi, karburator ini juga berperan dalam mengatur laju mobil. 

 

Karburator ini terancam cepat rusak kalau mobil kerap digunakan untuk ngebut. Pasalnya, setelan idle katup jadi terlalu tinggi sehingga katup karburator tak bisa menutup secara sempurna. Akhirnya supply bahan bakar ke silinder berlebihan dan menyebabkan mobil jadi mogok. 

 

  1. Ball Joint 

 

Komponen ini memiliki fungsi sebagai penghubung arm (sayap) dengan knuckle roda. Letak ball joint ada di kaki mobil dan tidak ditempel menggunakan baut. 

 

Selain itu, ball joint juga berfungsi menjadi sumbu roda saat mobil berbelok ke kanan atau ke kiri. Sehingga, komponen ini sangat terpengaruh saat gaya berkemudi kebut-kebutan. Ia akan menjadi cepat rusak karena bekerja terlalu keras. 

 

Ciri-ciri terjadi kerusakan pada ball joint adalah munculnya bunyi bising dan mengganggu dari kaki mobil. Jika tak bisa mengecek sendiri, baiknya segera bawa ke teknisi ketika mobil mengeluarkan bunyi mengganggu. 

 

  1. Tie Rod 

 

Komponen lain yang terancam cepat rusak kalau mobil digunakan untuk kebut-kebutan adalah tie rod. Komponen ini termasuk penting dalam mobil. Fungsinya sebagai penghubung roda dengan rack dan setir. 

 

Tie rod terletak di masing-masing roda mobil. Apabila komponen ini rusak, biasanya setir mobil jadi akan sulit digerakkan dan jadi gampang oleng. Bisa juga ditandai dengan setir yang bergetar dan berbunyi saat mobil berbelok. 

 

  1. Koil 

 

Komponen ini berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik pada mobil. Sehingga keberadaannya memang sangat penting. Saat mobil digunakan untuk ngebut, proses perapian pada mobil terganggu sehingga mengancam koil rusak. 

 

  1. Rack End 

 

Dibanding komponen lain yang sudah disebutkan di atas, rack end sepertinya jadi yang paling cepat rusak saat mobil kerap digunakan untuk kebut-kebutan. Pasalnya, komponen ini berfungsi untuk mengatur tingkat kelurusan roda saat mobil berjalan lurus. 

 

Apabila terjadi kerusakan pada rack end maka keseimbangan mobil akan terganggu sehingga mobil akan sulit berjalan lurus. 

 

Itu dia beberapa komponen mobil yang akan mudah rusak apabila berkemudi secara kebut-kebutan. Untuk itu, baiknya berkemudi dengan kecepatan normal dan tidak terburu-buru agar aman dan nyaman.