Cara Membedakan Part Body Motor Ori dan KW, Jangan Terkecoh

By Administrator 04 Okt 2023
 

Untuk membedakan part body palsu dengan yang asli sebenarnya bukan hal yang sulit. Kini, untuk mendapatkan spare part motor memang lebih mudah karena tersedia di berbagai tempat. Tetapi, harus benar-benar teliti agar tak keliru dan justru membeli spare part palsu.

Sepeda motor didesain oleh pabrikan sedemikian rupa dengan berbagai inovasi untuk menghasilkan sepeda motor dengan kualitas terbaik. Begitu juga pada bagian spare part body yang sudah diukur dengan teliti untuk menunjang kenyamanan dan performa berkendara.

Untuk itu, ketika spare part ini diganti dengan yang palsu pastinya akan bisa berdampak pada kenyamanan berkendara. Jadi, sebelum membeli spare part baiknya dipastikan bukan barang KW.

Berikut ini cara membedakan spare part body yang original dan yang palsu:

1. Dari segi harga

Kita patut curiga jika ada spare part body yang dijual dengan harga jauh di bawah pasaran. Pasalnya, keasliannya patut diragukan.

Spare part KW memang lebih murah, tapi baiknya jangan tergiur karena kemurahannya. Kualitasnya pun bisa jadi jauh dari yang original sehingga akan lebih cepat rusak dan harus diganti yang baru lagi.

2. Nomor seri spare part

Setiap spare part yang dijual di pasaran memiliki nomor seri dari pabrikan. Nah, jika spare partnya asli maka nomor serinya akan kelihatan rapi, cetakan nomornya pas, dan tulisannya tampak jelas.

Sementara jika kalian menemukan spare part dengan nomor seri yang ditulis dengan tidak jelas, ketikannya tampak tak rapi, tampak pudar, patut dicurigai spare part tersebut palsu.

3. Dari bentuknya

Dari tampilan fisiknya sebenarnya sangat terlihat mana spare part original dan mana yang palsu. Di mana, spare part original memiliki bentuk, sisi, ukuran yang sempurna. Hal ini dikarenakan pabrikan menerapkan standar quality control yang ketat sebelum spare part tersebut dipasarkan.

Sementara, pada spare part palsu akan tampak tak rapi dan kurang presisi. Begitu juga ketika dipasangkan pada sepeda motor, pasti akan tampak tak apik dan kurang sempurna.

4. Stiker barcode

Spare part asli biasanya dilengkapi dengan stiker barcode sebagai penanda keaslianya. Stiker barcode ini biasanya ditempel di kemasannya.

Sementara, spare part palsu biasanya tak memiliki stiker barcode. Jadi, jika membeli spare part baiknya pastikan di kemasannya ada stiker barcode.

Itu dia beberapa tanda untuk membedakan spare part original dengan yang palsu. Baiknya mengganti spare part motormu dengan yang asli karena terjamin kualitasnya.