3 Kebiasaan ini Bikin Mobil Tak Lolos Uji Emisi

By Administrator 04 Okt 2023
 

Menteri Perhubungan RI (Menhub) Budi Karya memastikan bahwa lolos uji emisi bakal jadi syarat perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Maka, jika tak lolos uji emisi maka tak akan bisa memperpanjang STNK sehingga bisa kena tilang.

Uji emisi sebenarnya untuk memastikan performa mesin dalam keadaan baik sehingga tak banyak menghasilkan gas buang. Kendaraan yang lolos uji emisi juga akan lebih ramah lingkungan sehingga mengurangi polusi.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), uji emisi adalah salah satu upaya pengujian untuk mengetahui kinerja mesin dan tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin kendaraan bermotor. Uji emisi kendaraan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Nah, ternyata ada beberapa kebiasaan pemilik mobil nih yang bisa bikin mobil tak lolos uji emisi. Apa saja?

1. Gunakan BBM sembarangan

Setiap mobil biasanya memiliki rekomendasi bensin yang digunakan dengan kadar oktan tertentu. Sayangnya, tak sedikit pemilik mobil yang memilih menggunakan BBM yang lebih murah. Nah, kebiasaan ini bisa bikin kinerja mesin tak optimal hingga tak lolos uji emisi.

Untuk melihat rekomendasi bensin bisa dilihat di buku panduan bawaan dari pabrikan. Misalnya saja untuk mobil Low Cost Green Car (LCGC) direkomendasikan menggunakan BBM dengan oktan minimal RON 92. Jika menggunakan BBM dengan oktan lebih rendah maka mesin mobil akan kesulitan dalam proses pembakarannya sehingga gas buangnya jadi lebih kotor.

2. Tak mengganti oli secara berkala

Oli mesin atau pelumas sangat penting untuk performa mesin. Jika lalai tak mengganti oli maka dipastikan kinerja mesin bisa tak optimal bahkan bisa menyebabkan overheat.

Oli mesin yang digunakan pun baiknya yang sesuai kebutuhan agar kinerja mesin mobil tetap terjaga. Evalube merupakan oli dengan kualitas terbaik yang tersedia dalam berbagai jenis untuk mobilmu. Bisa didapatkan di bengkel terdekat lho.

3. Tak rutin servis mobil

Servis mobil secara rutin juga sangat penting untuk memastikan komponen-komponen pada mobil bekerja dengan baik. Saat servis mobil, teknisi biasanya juga memastikan komponen pada mesin tak ada yang aus atau rusak. Untuk itu, baiknya lakukan servis mobil secara rutin apalagi saat akan melakukan uji emisi.

Itu dia beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan mobil tak lolos uji emisi.