Jangan Disepelekan, Tak Pasang Spakbor Motor Bisa Memunculkan Masalah

By Automotive Evalube 03 Mar 2024
 

Salah satu komponen motor yang keberadaannya sangat penting tapi sering disepelekan adalah spakbor. Spakbor motor biasanya terletak di bagian depan dan belakang sepeda motor. 

 

Selain agar penampilan motor jadi makin stylish, keberadaan spakbor ini juga sangat penting. Fungsi utamanya yakni untuk melindungi pengendara dan penumpang dari cipratan air, debu, atau pasir. 

 

Bukan hanya itu, tak menggunakan spakbor motor juga bisa membahayakan pengendara. Untuk itu, modifikasi motor yang mencopot spakbor sangat tidak direkomendasikan. 

 

Berikut ini beberapa fungsi spakbor motor yang baiknya dipahami pengendara: 

 

  1. Mencegah Kotoran Merusak Komponen Motor 

 

Spakbor memiliki fungsi penting yakni agar kotoran seperti debu dan pasir dari jalanan tak merusak komponen motor lainnya seperti mesin. Tumpukan debu atau kotoran lainnya pada mesin bisa menyebabkan mesin tak bisa bekerja dengan maksimal. 

 

Komponen lain yang dilindungi oleh spakbor adalah injeksi pada motor matik. Debu pada injeksi bisa menyebabkan pembakaran terhambat. 

 

  1. Jika Dicopot Bisa Kena Tilang 

 

Harus dipahami oleh pengendara bahwa penggunaan spakbor motor tertulis dalam Undang Undang. Sehingga apabila pengendara nekat memodifikasi spakbor dengan memotong atau mencopotnya, bisa terkena tilang dan denda hingga Rp250 ribu. 

 

  1. Melindungi Pengendara Dari Cipratan Air 

 

Fungsi utama dari spakbor adalah melindungi pengendara dari cipratan air. Apalagi Indonesia adalah negara dengan curah hujan tinggi, sehingga akan cukup sering mengalami kondisi jalanan yang basah. 

 

Motor yang dicopot spakbornya akan membuat baju pengendara jadi cepat kotor karena cipratan air. Tentu sangat tidak efektif apabila akan berkendara ke sekolah atau bekerja. 

 

  1. Motor Jadi Makin Keren 

 

Menggunakan spakbor sudah diperhitungkan secara penampilan oleh pabrikan motor. Motor jadi makin keren dengan spakbor tersebut. Untuk itu, apabila spakbor dicopot, penampilan sepeda motor jadi kurang elegan. 

 

  1. Kehilangan Garansi 

 

Apabila motor masih dalam masa garansi maka garansi akan hilang saat spakbor dicopot. Sangat merugikan tentu saja karena biaya perbaikan sepeda motor jadi harus ditanggung sendiri. Untuk itu, baiknya tetap menggunakan spakbor sesuai pabrikan. 

 

Itu dia beberapa fungsi dan pentingnya keberadaan spakbor yang membuat berkendara jadi lebih aman dan nyaman.