Bikin Tarikan Enteng, Oli Apa yang Bagus Untuk Motor Matic?

By Administrator 26 Jul 2022
 

Kamu perlu memilih oli motor matic terbaik sebagai salah satu cara agar tarikan motor kamu terasa lebih enteng saat digunakan. Apalagi untuk motor matic ini memerlukan putaran mesin yang cenderung tinggi.

Jadi akan diperlukan performa oli yang konsisten dalam mengantisipasi putaran mesinnya. Untuk itu, kenali oli apa yang bagus digunakan motor matic agar performanya maksimal, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga artikel Ternyata ini Oli yang Bagus Untuk Motor Matic Honda

 

Tips Memilih Oli Motor Matic yang Bagus

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam memilih oli motor matic yang terbaik untuk motor kesayangan kamu, agar tarikannya menjadi enteng. Berikut tips pentingnya yang bisa kamu ikuti!

  1. Sesuaikanlah dengan rutinitasmu

Dalam memilih oli ini, penting sekali agar kamu menyesuaikannya dengan rutinitas. Apakah motor sering digunakan setiap hari atau digunakan untuk bepergian jarak jauh.

Motor matic yang sering berhenti akan membuat mesin menjadi cepat panas. Ini akan memerlukan zat aditif dalam mengurangi panas pada mesin motor. Jadi, saat kamu sering melakukan rutinitas, pilihlah oli yang mengandung zat aditif.

 

  1. Perhatikanlah kode mutu olinya

Selanjutnya, kamu perlu memperhatikan kode mutu oli, dan sangat disarankan dalam menggunakan oli yang sesuai standar kendaraan motor masing-masing. Sebab, hal ini sangat berguna dalam memberikan performa yang baik agar tarikannya enteng.

 

  1. Pilihlah tingkat kekentalan olinya

Tentunya setiap oli mempunyai tingkat kekentalannya masing-masing. Jadi sangat diharapkan agar kamu memahami bagaimana tingkat kekentalannya yang sesuai untuk digunakan pada oli.

Lalu, bagaimana dengan oli untuk motor matic? Nah, sangat disarankan agar kamu menggunakan oli yang mempunyai tingkat kekentalan menengah, yang artinya tidak terlalu encer maupun kental.

Jika oli motor terlalu encer, tentu akan lebih mudah menguap. Sementara itu, untuk oli motor yang terlalu kental bisa membuat tarikan motornya menjadi semakin berat.

Jadi, untuk motor matic ini, sebaiknya kamu menggunakan oli motor di tengah-tengah kondisi tersebut, agar tarikannya tetap nyaman dan tidak mudah menguap.

 

  1. Pilihlah oli yang original

Satu hal yang penting dalam pemilihan oli ini yakni kamu perlu menggunakan oli yang original. Ingat, jangan pernah sekali-kali menggunakan oli yang palsu atau oli campuran.

Sekarang ini, sudah banyak beredar oli palsu dengan harga yang sangat murah. Jika ingin mengetahui harga resminya, kamu bisa melihat di website setiap produsen oli.

Jangan pernah tergiur dengan harga yang murah bahkan tidak masuk akal, sebab bisa saja oli itu palsu. Sebenarnya jika kamu ingin mengetahui apakah olli itu asli atau palsu, kamu dapat memperhatikan botol yang digunakan.

Biasanya, untuk oli yang palsu akan terlihat lebih kusam serta banyak goresan karena sudah pernah dibuka dan tidak tersegel dengan baik.

 

Itulah tips bagaimana memilih oliĀ  untuk motor matic agar menciptakan tarikan yang enteng. Selalu ingat dan pastikan bahwa oli yang kamu pilih benar-benar original.

Untuk itu, salah satu oli terbaik yang bisa kamu pilih yakni Evalube. Oli yang satu ini mempunyai berbagai jenis oli berkualitas dan dapat membantu dalam melindungi mesin motor matic kamu bekerja secara maksimal.

Sebut saja Evalube Scootic YX, yang merupakan pelumas dengan kekentalan ganda, untuk motor 4 langkah matic yang berkualitas tinggi. Ini bisa membuat motor kamu bekerja dengan tarikannya yang enteng.

Jadi tidak salah, jika oli dari Evalube ini menjadi salah satu oli motor matic terbaik.