Beda Umur Mobil, Beda Kekentalan Oli, Harus Disesuaikan

By Administrator 12 Apr 2023
 

Oli atau pelumas merupakan salah satu komponen paling penting pada mobil yang harus rutin diganti secara berkala. Nah, ada salah satu yang perlu diperhatikan soal penggunaan oli yang ternyata beda umur mobil beda pula kekentalan oli yang harus digunakan.

Pada mobil dengan usia 15 tahun lebih baiknya menggunakan oli yang lebih kental. Hal ini sesuai dengan anjuran para profesional di bidangnya.

Nah, bagaimana memilih oli yang lebih kental?

Sebelumnya, ada baiknya kita mengenali jenis-jenis pelumas terlebih dahulu:

1. Oli mineral

Oli ini merupakan produk pelumas yang berasal dari minyak bumi setelah melalui proses penyulingan dan memiliki unsur alkaline dan cyclic paraffin. Oli ini menjadi dasar dari oli jenis semi sintetis.

Oli mineral ini di pasaran harganya paling murah dari oli jenis lainnya lho.

 

2. Oli semi sintetis

Oli semi sintetis merupakan oli mineral atau oli alami yang sudah dicampur dengan bahan additive maupun viscosity index.

 

3. Oli sintetis

Oli jenis sintetis merupakan oli dari bahan buatan yang memungkinkan kekentalan dan kandungan yang dibutuhkan disesuaikan dengan kendaraan bermotor.

Selain harus memahami jenis-jenis oli, baiknya juga memahami kode-kode dalam produk oli.

Seperti Society of Automotive Engineer (SAE), yang biasanya letaknya pada kemasan oli. Contohnya tertulis: SAE 10W-40 atau 10W-50.

Kode W ini artinya weather, artinya untuk menyesuaikan kondisi cuaca sehingga oli tidak mengental.

Sementara, angka paling depan menandakan tingkat kekentalan oli saat suhu dingin. Untuk angka di belakang huruf W, merupakan tingkat kekentalan di dalam mesin saat bekerja atau sudah panas.

Jadi, untuk mobil yang pemakaiannya sudah di atas 15 tahun atau untuk mobil tua baiknya menggunakan oli jenis mineral. Hal ini juga sesuai dengan sifat mobil tua yang berbeda dengan mobil modern.

Pada mobil tua, mesinnya memiliki celah antara seher dengan blok mesin lebih besar dibandingkan mobil modern. Maka, sifat oli mineral yang mudah melapisi dan tak cepat luntur bisa mengisi celah ini dengan baik.

Selain itu, untuk mobil yang tua bisa juga menggunakan oli dengan angka SAE yang lebih besar. Semakin besar angka SAE, menandakan oli yang semakin kental.

Namun, pastikan ya oli yang digunakan sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. Pastikan gunakan Evalube yang kualitasnya terjamin!