Alasan Jangan Beli Mobil Bekas Kecelakaan

By Automotive Evalube 03 Mar 2024
 

Salah satu alasan kenapa mobil bekas kecelakaan kerap dijadikan pilihan adalah harganya yang cenderung lebih murah dari pasaran. Tetapi, membeli mobil bekas tabrakan butuh banyak pertimbangan. 

 

Salah satu alasannya adalah biasanya orang malas memperbaiki mobil bekas kecelakaan dengan benar. Tetapi, lebih memilih menjualnya.  Tentu saja ini akan merugikan pembeli. 

 

Berikut ini beberapa kelemahan mobil bekas tabrakan yang harus dipertimbangkan betul sebelum memutuskan membeli: 

 

  1. Mesin Rusak 

 

Kerusakan pertama yang bisa sangat mengganggu adalah kerusakan pada mesin. Hal ini biasanya disebabkan karena benturan keras saat kecelakaan. Mesin yang rusak bisa menyebabkan mobil jadi tidak stabil dan mudah overheating. 

 

Untuk itu, sebelum memutuskan membeli mobil bekas tabrakan, pastikan betul bahwa kondisi mesin baik. Jika perlu meminta keterangan atau garansi dari mekanik bengkel yang memperbaikinya. 

 

  1. Bodi Mobil Rusak 

 

Bagian paling rusak saat mobil mengalami kecelakaan biasanya ada pada bodi. Kerusakan pada bodi ini membutuhkan biaya besar untuk membuatnya kembali apik. 

 

Selain itu, yang perlu diwaspadai, kerusakan pada bodi mobil membuat mobil jadi tak stabil dan berisiko alami kecelakaan kembali. Pastikan periksa bodi mobil dengan teliti sebelum memutuskan membeli mobil bekas kecelakaan. 

 

  1. Rusaknya Sistem Elektronik 

 

Sistem elektronik juga sangat berpotensi mengalami kerusakan berat pasca kecelakaan mobil. Beberapa sistem elektronik yang mungkin rusak antara lain sensor geser, sensor parkir, audio, hingga sistem navigasi. 

 

Saat akan membeli mobil bekas tabrakan, pastikan betul sistem elektronik ini tak memiliki masalah. 

 

  1. Potensi Kecelakaan Lebih Tinggi 

 

Hal ini bisa saja terjadi pada mobil bekas kecelakaan yang tidak diperbaiki dengan tepat. Sehingga, terjadi berbagai masalah pada komponen terutama keseimbangan mobil yang mungkin terganggu sehingga menyebabkan risiko kecelakaan menjadi lebih tinggi. 

 

  1. Nilai Jual Mobil Anjlok 

 

Saat akan membeli mobil bekas kecelakaan, pembeli harus paham risiko bahwa ketika ingin menjual mobil itu lagi pastinya harganya akan semakin turun. Sehingga, perlu pertimbangan matang untuk memutuskan membeli mobil bekas kecelakaan. 

 

Itu dia beberapa kelemahan mobil bekas kecelakaan yang perlu dipahami calon pembeli. Pastikan benar-benar memeriksa kondisi mobil bekas kecelakaan sebelum memutuskan untuk membelinya.