Macam-Macam Kunci Ban Mobil, Yuk Kita Kenalan

By Administrator 31 Agu 2023
 

Salah satu peralatan yang harus dibawa oleh pemilik mobil adalah kunci ban mobil sebab fungsinya sangat penting. Kunci ban mobil berfungsi untuk mengencangkan atau mengendurkan mur pada ban mobil.

Ketika kita berkendara, belum tentu ada bengkel di tempat terdekat. Sehingga, ketika ada masalah tiba-tiba pada ban seperti kebocoran, kunci ini sangat membantu.

Meski sudah disediakan kunci ban mobil dari pabrikan, tetapi pemilik mobil baiknya memahami apa saja jenis kunci ban mobil. Sehingga, jika ingin membeli di aftermarket tidak keliru.

Berikut beberapa jenis kunci ban mobil:

1. Kunci model palang

Disebut sebagai kunci model palang karena bentuknya yang menyilang dengan empat lengan. Kunci model ini yang paling banyak ditemui.

Kelebihan dari kunci ban mobil model palang adalah kuat dan tak gampang patah. Kekurangannya yakni desainnya yang menyilang dengan empat lengan membuatnya tidak simpel dan boros ruang.

2. Model L

Yang kedua adalah kunci ban mobil dengan bentuk huruf L. Kunci model ini memiliki satu mata kunci yang menyatu dengan pegangannya.

Kelebihan dari kunci model ini adalah sangat mudah digunakan untuk mengendurkan mur atau baut. Apalagi jika pegangannya semakin panjang maka akan semakin mudah digunakan.

3. Model Y

Dinamakan kunci model Y karena bentuknya yang menyerupai huruf Y yakni memiliki tiga lengan dengan tiga mata kunci yang memiliki ukuran berbeda-beda. Keunggulannya yaitu fleksibel bisa digunakan untuk mengencangkan dan mengendurkan mur atau baut. Sementara kekurangannya yakni bentuknya membuat boros ruang.

4. Model foldable

Kunci ini sebenarnya sama persis dengan model palang. Kelebihannya, bisa dilipat dan terdiri dari 1 pegangan panjang serta 2 lengan yang dapat dibuka tutup. Di mana di setiap ujung lengan terdapat mata kuncinya.

Sayangnya, kelebihannya yang bisa dilipat juga menjadi kekurangannya karena membuatnya menjadi lebih riskan patah.

5. Model telescopic

Kalau kunci ban mobil telescopic bentuknya sama dengan kunci huruf L. Bedanya, mata kuncinya bisa ditukar-tukar sehingga lebih fleksibel. Kelebihannya yakni bagian pegangannya lebih kuat begitu juga pada bagian mata kuncinya.

Selain itu, kunci mobil telescopic lebih hemat ruang jadi lebih mudah disimpan. Sayangnya, karena mata kuncinya bisa diganti-ganti jadi riskan hilang.

Itu dia beberapa jenis kunci ban mobil yang sebaiknya dipahami oleh pemilik mobil. Pastikan memilih kunci mobil yang tepat sehingga bisa digunakan saat dibutuhkan.