Banyak yang Belum Tahu, Apakah Oli Samping dan Oli Mesin Sama?

By Administrator 27 Jul 2022
 

Oli ialah komponen penting dalam mesin kendaraan bermotor, termasuk dalam mesin motor 2 tak. Dalam motor tersebut tidak hanya dibutuhkan satu jenis oli saja. Ada beberapa jenis oli yang diperlukan untuk menjaga kestabilan performa mesin motor, salah satunya ialah oli samping 2 tak.

Oli samping pasti bukan hal yang awam untuk kamu bukan? Tapi apa kamu tahu apa yang menjadi perbedaan antara oli mesin dengan oli samping pada motor bermesin 2 tak? Agar kamu bisa membedakannya, simaklah ulasan lengkap mengenai perbedaan oli mesin dan oli samping berikut ini!

Baca juga artikel Apa Fungsi & Manfaat Oli Samping yang Ada pada Sepeda Motor 2 Tak?

 

Inilah Perbedaan Oli Mesin dan Oli Samping 2 Tak

Setiap pengguna motor, terutama motor bermesin 2 tak, sudah pasti tak asing dengan istilah oli samping dan oli mesin. Tapi apakah keduanya sama? Ataukah memang berbeda sesuai namanya?

Berikut ini ialah jawaban yang kamu perlukan mengenai oli samping dan oli mesin, simaklah dengan cermat!

  • Oli Samping

Fungsi oli samping pada motor bermesin 2 tak ialah sebagai pelumas ruang bakar, piston, dan kruk as. Oli samping ini terbuat dari bahan dasar oli bercampur aditif, hanya saja angka SAE danĀ  kekentalan tertentu tidak dibutuhkan oleh oli samping. Oli samping akan ikut terbakar dengan bahan bakar dalam ruang bakar.

Ada beberapa kode yang menjadi perbedaan spesifikasi dari oli samping, seperti JASO FB untuk oli dengan bahan dasar oli mineral. Kode JASO FC digunakan untuk oli berbahan semi sintetik. Dan untuk kode JASO FD untuk oli full sintetik.

 

  • Oli Mesin

Fungsi oli mesin ialah untuk menjadi pelumas bagian transmisi dan kopling dari motor 2 tak. Maka dari itu kekentalan dan angka SAE-nya berbeda dari yang lainnya. Minimal oli mesin harus memenuhi salah satu standarisasi berikut, API, JASO, atau ISO.

Biasanya oli mesin untuk kopling yang bersifat basah digunakan oli berkode JASO MA2. Sedangkan kode JASO MB diperuntukkan bagi oli mesin untuk motor berjenis matic.

 

Mudah bukan membedakan antara keduanya? Setelah mengetahui perbedaan antara keduanya, apakah kamu tahu apa oli yang cocok untuk mesin motor 2 tak?

 

Rekomendasi Oli Samping 2 Tak untuk Motor Kesayangan

Oli yang berkualitas bagus dengan spesifikasi yang tepat, bisa kamu dapatkan dari merk Evalube. Kepercayaan penuh bisa kamu berikan seutuhnya pada kami. Hal ini karena kami tak ragu untuk memberikan produk-produk berkualitas dan sudah terpercaya.

 

Berikut ini juga sudah kami siapkan beberapa produk yang cocok digunakan untuk motor kesayangan kamu yang bermesin 2 tak. Simaklah dengan cermat!

1. Evalube 2T

Oli Evalube 2T/TB merupakan oli sebagai pelumas mesin campur yang terbuat dari base oli berkualitas tinggi. Terdapat campuran aditif dispersant dan detergent dalam oli ini. Gunanya ialah untuk mencegah timbulnya deposit pada ruang bakar mesin atau memperkecil kadar partikel soot-nya. Oli ini cocok untuk mesin motor 2 tak dengan pendingin udara.

Oli samping Evalube 2t Hijau

 

2. Evalube 2T Pro Synthetic API TC/JASO FC

Untuk rekomendasi oli selanjutnya ialah Evalube 2T Pro Synthetic API TC/JASO FC. Oli ini berasal dari formulasi bahan berkualitas tinggi dan aditif detergent beserta dispersant dengan kandungan PIB (Polyisobutylene) untuk memperkecil kadar asap. Motor 2 tak dengan pendingin udara, seperti Suzuki, Vespa, Kawasaki, Yamaha, dan lainnya sangat cocok menggunakan oli jenis ini.

Oli Samping Evalube 2t Pro Kuning

 

Untuk kamu yang perlu oli samping 2 tak dari Evalube, bisa langsung mengunjungi official store di Tokopedia atau Shopee. Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai Evalube, bisa juga mengunjungi laman produk kami.