6 Tips Aman Mengendarai Mobil Bersama Anak

By Automotive Evalube 04 Mar 2024
 

Mengendarai mobil bersama anak tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, anak memiliki tubuh yang masih rentan dan rawan mengalami cedera paling parah saat terjadi kecelakaan. 

 

Hal ini lantaran tubuh anak belum sekuat orang dewasa dan respons kognitif anak belum sebaik orang dewasa saat terjadi hal membahayakan di dalam mobil. Untuk itu, saat berkendara membawa anak perlu memperhatikan beberapa hal. 

 

Berikut ini 6 cara aman berkendara membawa anak yang perlu dipahami orang tua: 

 

  1. Periksa Keamanan Mobil 

 

Sebelum berkendara bersama anak, pastikan mobil dalam kondisi prima dan tak ada komponen yang rusak. Pastikan kondisi ban, rem, dan komponen yang lain dengan teliti. 

 

Jangan membawa mobil yang dikendarai tak nyaman saat bersama anak karena bisa merusak konsentrasi berkendara. Apalagi jika anak rewel saat di perjalanan. 

 

  1. Gunakan Car Seat 

 

Penggunaan car seat atau kursi duduk khusus bayi dan anak ini sangat dibutuhkan untuk anak di usia 0-6 tahun. Bahkan, di beberapa negara wajib penggunaannya agar anak aman di dalam mobil. 

 

  1. Jangan Ngebut 

 

Perhatikan kecepatan mobil, jangan ngebut meski terburu-buru saat membawa anak. Pastikan anak tetap nyaman di dalam mobil agar anak tak merasa takut dan terancam. Berjalan dengan kecepatan normal juga meminimalisir terjadinya kecelakaan. 

 

  1. Sabuk Pengaman 

 

Apabila anak sudah cukup besar dan car seat sudah tak muat, pastikan anak berkendara dengan sabuk pengaman. Orang tua juga wajib memastikan anak menggunakan sabuk pengaman dengan benar agar risiko cedera saat terjadi kecelakaan bisa diminimalisir. 

 

  1. Sediakan Camilan 

 

Saat harus berkendara jarak jauh, baiknya sediakan kebutuhan anak di dalam mobil. Seperti popok dan camilan. Hal ini agar anak bisa lebih nyaman dan tenang. Pasalnya, anak juga bisa merasa bosan di dalam mobil. 

 

  1. Pastikan Pintu Dan Jendela Tertutup Dengan Benar 

 

Jangan sampai lupa untuk mengunci pintu dan jendela saat berkendara karena anak kadang usil menarik-narik pintu dan jendela. Sangat berbahaya jika pintu atau jendela terbuka saat berkendara. 

 

Itu dia beberapa cara aman berkendara membawa anak. Pastikan anak merasa nyaman dan aman ya!