5 Sebab Lampu Tekanan Oli Rendah Menyala

By administrator 05 Apr 2021
 

Tak hanya speedometer dan level bahan bakar yang bisa kamu ketahui melalui panel indikator pada dashboard mobil, tetapi kamu juga bisa mengetahui masalah yang terjadi di mobilmu. Salah satunya adalah ketika mobil mengalami masalah pada sistem pelumasan, maka kamu anak melihat lampu tekanan oli rendah menyala.

Kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena bisa memicu kerusakan mobil yang lebih parah.
Tapi sebenarnya apa yang membuat lampu tekanan oli rendah ini menyala? Berikut lima penyebabnya:

1. Volume Oli Kurang

Volume oli yang kurang di dalam tangki ini bisa menyebabkan lampu tekanan oli rendah pada dashboard mobil menyala. Untuk itu kamu perlu memastikan bahwa jumlah oli di dalam tangki masih sesuai standar dengan melihatnya melalui dipstick, pastikan oli berada di atas tanda low dan di bawah tanda upper. Kalau volume oli sudah berkurang, kamu bisa menambahkannya atau mengganti oli dengan yang baru.

2. Kerusakan Pengukur Tekanan Oli

Alat pengukur yang rusak juga bisa menyebabkan lampu tekanan oli rendah ini menyala. Rusaknya pengukur tekanan oli ini bisa disebabkan karena adanya masalah pada sistem kelistrikan hingga membuat alat ini tidak bisa bekerja dengan baik. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengunjungi bengkel terdekat agar bisa diperiksa langsung oleh teknisi yang andal.

3. Mesin Terlalu Panas

Kondisi mesin yang terlalu panas juga bisa membuat lampu tekanan oli rendah menyala. Mesin yang terlalu panas bisa disebabkan karena beberapa hal seperti kualitas oli yang sudah mulai buruk dan juga penggunaan oli yang viskositas atau kekentalannya tidak sesuai dengan kebutuhan mesin.

4. Rusaknya Pompa Oli

Kerusakan pada pompa oli juga bisa mempengaruhi lampu tekanan oli rendah pada mobil menyala. Pompa oli yang rusak membuat laju aliran oli melambat dan akan membuat tekanannya menurun, untuk itu pastikan kamu memeriksa bagian ini juga saat melihat lampu indikator oli di dashboard menyala.

5. Filter Udara Kotor

Filter udara punya peranan penting dalam menjaga tekanan oli agar tetap stabil, filter udara yang kotor tentu akan menyumbat dan bisa berpotensi menurunkan tekanan oli. Untuk itu usahakan kamu mengganti filter udara ini setiap kali melakukan penggantian oli mesin agar filter tetap dalam kondisi baik.

Untuk menghindari lampu tekanan oli di mobilmu menyala, pastikan kamu memberikan perawatan yang baik pada mobil.