5 Faktor Mobil Boros Bensin saat Mudik

By Automotive Evalube 14 Mei 2024
 

Menggunakan mobil pribadi untuk mudik jadi pilihan banyak warga Indonesia. Selain dinilai praktis, menggunakan mobil untuk mudik bisa untuk menghemat biaya jika mudik membawa serta anggota keluarga lainnya. 

 

Tetapi, niat berhemat ini justru bisa terjadi sebaliknya. Terutama jika mobil sangat boros bahan bakar. Bagi kamu yang merasa mobilmu boros bensin saat digunakan untuk mudik, mungkin ada beberapa masalah yang terjadi di mobilmu. 

 

Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan mobil boros bensin: 

 

  1. Gaya Mengemudi 

 

Yap, gaya mengemudi sangat berpengaruh pada pemakaian bahan bakar. Gaya mengemudi yang irit bahan bakar adalah mode eco driving yakni menginjak gas secukupnya dan meminimalisir penggunaan rem. 

 

Apabila gaya mengemudi sebaliknya, menginjak gas pol dan terlalu banyak menggunakan rem maka bisa dipastikan penggunaan bahan bakar makin boros. Kebut-kebutan saat mudik bukan hanya meningkatkan penggunaan bahan bakar tetapi juga bisa berisiko menyebabkan kecelakaan. 

 

  1. Terlambat Ganti Oli 

 

Jangan sepelekan mengganti oli secara berkala. Pastikan ganti oli tepat waktu agar kinerja mesin tetap optimal. Terlambat mengganti oli bisa menyebabkan penggunaan bahan bakar jadi lebih boros karena mesin harus bekerja lebih keras saat pelumasan tak terjadi secara maksimal. 

 

Selain itu, pastikan juga menggunakan oli terbaik. Evalube, mudah didapat dan memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Pastikan gunakan oli yang tepat ya. 

 

  1. Mesin Bermasalah 

 

Performa mesin dan transmisi sangat berpengaruh pada penggunaan bahan bakar. Apabila mesin bermasalah maka akan membuat penggunaan bensin jadi meningkat. Sementara, saat mesin normal bahan bakar akan digunakan dengan normal juga karena mesin bekerja lebih efisien. 

 

  1. Kondisi Jalan 

 

Beberapa orang mungkin kaget dengan penggunaan bensin yang lebih boros di jalan dengan kontur naik turun. Apalagi saat macet, penekanan pedal gas yang tak konstan akan membuat pemakaian bahan bakar meningkat. 

 

  1. Beban Kendaraan 

 

Saat mudik, orang cenderung membawa banyak sekali barang. Mulai dari pakaian, oleh-oleh, hingga anggota keluarga yang semuanya harus muat. Beban berlebih ini akan membuat mesin bekerja lebih keras sehingga pemakaian bahan bakar pun meningkat. 

 

Selain beberapa faktor di atas, borosnya bahan bakar saat mudik juga bisa disebabkan karena beberapa masalah teknis seperti filter bensin kotor, filter udara kotor, hingga penggunaan AC terlalu dingin karena panasnya cuaca saat mudik. 

 

Pastikan segera membawa mobil ke bengkel atau teknisi terpercaya untuk memeriksa masalah pada mobil yang bahan bakarnya lebih boros dari biasanya ya!