Hindari Obat Bikin Ngantuk, Ini 5 Larangan Saat Berkendara

By Administrator 04 Okt 2023
 

Sebelum berkendara, bukan cuma mobil atau motor yang dipastikan dalam kondisi prima tetapi tubuh kita juga. Pasalnya, jika kondisi tubuh sedang tidak dalam kondisi prima maka bisa tidak fokus saat berkendara dan cukup berisiko menyebabkan kecelakaan.

Ada beberapa larangan saat berkendara yang sering diabaikan. Padahal, bisa membahayakan jika dilanggar. Apa saja?

Berikut lima larangan saat berkendara:

1. Minum obat yang bikin kantuk

Minum obat sebelum berkendara tentunya tak dilarang. Tetapi, jika obat mengandung bahan yang bikin ngantuk sebaiknya dihindari. Seperti diketahui, mengantuk jadi salah satu penyebab kecelakaan terbanyak hingga saat ini. Untuk itu, jika memang harus meminum obat dengan kandungan yang membuat mengantuk baiknya tunda untuk berkendara atau gunakan transportasi umum.

2. Tidak membawa perlengkapan berkendara

Jarak yang dekat biasanya membuat orang menyepelekan untuk tak menggunakan helm. Padahal, meski jarak yang ditempuh dekat, helm wajib digunakan untuk pengguna sepeda motor. Selain itu, membawa surat-surat berkendara juga baiknya selalu dibawa agar tak terkena tilang.

3. Menggunakan ponsel saat berkendara

Banyak sekali pengendara yang menyepelekan dan tetap menggunakan ponsel saat berkendara. Padahal, ini sangat berbahaya karena menggunakan ponsel saat berkendara akan mengurangi fokus berkendara hingga bisa menyebabkan kecelakaan. Untuk itu, jika memang akan menggunakan ponsel baiknya menepi dan berhenti dahulu

4. Konsumsi minuman beralkohol

Pengendara yang mabuk atau habis minum alkohol bahkan meminum alkohol sambil berkendara tentu saja dilarang. Pasalnya, kondisi mabuk dan berkendara sangat membahayakan. Bukan hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga pengguna jalan lain. Dalam kondisi mabuk, kesadaran seseorang akan terganggu sehingga bisa menyebabkan kecelakaan.

5. Merokok

Merokok saat berkendara juga dilarang. Abu rokok bisa membahayakan pengendara lain. Bahkan di beberapa kasus bisa menyebabkan mata cedera dari ringan hingga parah. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang menyepelekannya dan merokok sambil berkendara.

Itu dia beberapa larangan saat berkendara. Jangan memaksakan diri sehingga terpaksa melanggarnya, karena hal ini bisa membahayakan diri sendiri dan juga orang lain.