Rekomendasi Kekentalan Oli Untuk Mobil Berumur Lebih Dari 10 Tahun

By Administrator 29 Des 2021
 

Peredaran mobil dengan umur diatas lima tahun memang bisa dibilang cukup banyak di Indonesia. Bahkan dengan kondisi second hand diatas lima tahun masih cukup diminati oleh beberapa kalangan. Sebenarnya tidak hanya diatas lima tahun saja, tapi bahkan diatas 10 tahun pun masih banyak mobil yang beredar dan dipasarkan di showroom mobil bekas.

Pada kenyataannya masih banyak orang orang yang berminat untuk meminang sebuah mobil dengan umur diatas 10 tahun. Salah satu faktornya adalah harga beli dari mobil tersebut yang sudah mulai masuk di kantong mereka. Padahal untuk membeli sebuah mobil dengan umur yang sudah cukup tua ada berbagai faktor yang perlu diperhatikan. Khususnya adalah kondisi mesin. Meski kita mendapatkan mobil dengan mesin yang prima, urusan perawatannya pun tidak bisa sembarangan. Khususnya oli mesin yang digunakan.

Pada dasarnya komponen mesin yang ada di dalam mobil tingkat presisinya sudah menurun seiring dengan gesekan-gesekan yang terjadi ketika mesin tersebut bekerja. Gesekan yang terjadi selama 10 tahun lebih tersebut tentunya menyebabkan keausan, sehingga membuat celah antar komponen didalamnya semakin besar.

Karena adanya tingkat keausan yang cukup tinggi tersebut perlu diimbangi dengan penggunaan oli yang lebih kental dibandingkan dengan rekomendasi oli pada saat mobil tersebut keluar dealer. Hal tersebut bertujuan agar perannya dalam melindungi komponen bergerak tetap optimal, terutama di bagian dinding silinder.

Jika kita tetap menggunakan oli dengan viskositas yang encer maka dapat membuat oli ikut terbawa ke ruang bakar. Kalau hal ini terjadi, volume pelumas akan lebih cepat berkurang, selain itu bagian dalam silinder juga akan beresiko menjadi kotor akibat adanya sisa cairan oli yang ikut terbakar.

Untuk itu, ada baiknya jika mobil sudah berumur lebih dari 5 tahun untuk menaikkan tingkat kekentalan dari oli mesin yang digunakan. Lalu berapa SAE oli yang tepat untuk mobil berumur diatas 10 tahun?

Umumnya para pemilik mobil ketika mengganti oli mesin mobil yang umurnya sudah diatas 10 tahun akan direkomendasikan 20W-50. Viskositas oli ini lebih kental  dibanding oli rekomendasi awal saat kondisi mobil masih baru, yang umumnya menggunakan 5W-30 atau 10W-30. Hal tersebut disarankan karena oli ini memiliki kekentalan yang cukup (tidak tinggi dan juga tidak terlalu encer). Ketika oli ini digunakan pada mesin, oli menjadikan kinerja mesin enteng dan optimal.