Jangan Lengah! Ini Ciri Motor Matic yang Oli Mesinnya Tinggal Sedikit

By Administrator 23 Okt 2021
 

Skuter matic mulai booming pada era pertengahan 2000-an sebagai kendaraan roda dua yang memiliki pijakan kaki di bawahnya. Hal tersebut memang terdengar sepele namun kenyamanan berkendara salah satunya terletak disitu.

 Namun selain menunjang kenyamanan berkendara motor matic juga terkenal dengan mesinnya yang mudah rewel. Maka dari itu menjaga kinerja mesin agar tetap baik salah satunya adalah dengan rutin mengganti oli.

Maka dari itu kita memiliki tips untuk mengetahui ciri motor matic yang oli mesinnya tinggal sedikit atau berkurang akibat pemakaian.

Selain untuk pelumasan, oli mesin pada motor matic berfungsi juga sebagai pendingin mesin. Maka dari itu, jika volume oli mesin berkurang drastis, sistem pelumasan dan pendinginan di mesin motor bisa terganggu.

Kalau oli mesin motor matic sudah tinggal sedikit biasanya diindikasikan dengan suhu mesin terasa lebih panas.

Oli mesin motor matic yang berkurang banyak umumnya disebabkan karena kerusakan pada komponen di ruang bakar. Misal pada sil klepnya yang sudah aus atau ring piston yang mulai lemah.

Motor matic yang olinya tinggal sedikit dicirikan dengan tarikan terasa lebih enteng. Jangan bingung dulu, prinsipnya begini, kalau kita mengaduk air yang banyak dibanding dengan air yang sedikit, maka lebih enteng yang mana?

Begitu juga kalau oli mesin tinggal sedikit, tarikan motor terasa lebih enteng. Namun jangan menganggap gampang, tarikan motor yang enteng tersebut cuma sesaat.

Setelah itu sudah pasti komponen mesin motor matic akan mengalami keausan, sebab gesekan antar mesin semakin tinggi. Makanya, jangan senang dulu jika tiba-tiba tarikan motor lebih enteng, curigai dulu ketinggian oli mesin.

Mengganti oli dengan rutin secara berkala dengan berpatokan pada waktu berkendara atau jarak tempuh menjadi hal penting untuk menjaga kualitas mesin.

Demi membantu pengendara untuk menjaga kualitas mesin matic terbaik, maka Evalube mengeluarkan oli motor matic terbaik dengan produk Evalube Scootic YX dan Evalube Scootic HX  dengan formula khusus menjaga performa mesin skutik moge bekerja secara optimal, sehingga mendukung mobilitas penggunanya .

Bahan dan proses pembuatan oli motor matic terbaik ini dengan full synthetic diracik untuk formula lebih seimbang. Oli full sintetik dipilih karena tidak meninggalkan kerak pada ruang mesin, dan melumasi lebih luas ke celah mesin, hal ditujukan untuk memaksimalkan power setiap putaran mesin.

Selain itu oli Evalube Scootic ini juga mampu bekerja maksimal di berbagai cuaca dan kondisi jalan, serta mendukung keuntungan hemat bahan bakar.

Agar kondisi motor tetap prima meskipun bukan motor baru, maka harus menggunakan oli motor matic terbaik. Jika asal pilih, maka bukan tidak mungkin performa motor dibawah ekspektasi kita.

Adapun Evalube Scootic YX dan Evalube Scootic HX menjadi rekomendasi oli motor matic terbaik dengan menggunakan base oil sintetik dan zat aditif Molybdenum Dithiocarbamate yang bisa mengurangi friksi pada temperatur tinggi dan putaran yang tinggi.

Oli motor matic terbaik ini juga menggunakan bahan viskositas dengan takaran yang relatif rendah sehingga sirkulasi pelumas lancar, hal ini yang membuat mesin irit bahan bakar dan tetap mudah dinyalakan ketika cuaca sedang dingin.

Dua opsi oli matic yang dihadirkan oleh Evalube ini punya ukuran 0,8 liter dan keduanya juga menerapkan teknologi Veltec yang bisa meminimalisir korosi dan keausan.

Pastikan Anda membeli oli di bengkel dan toko kepercayaan, kini oli Evalube dapat dibeli secara online melalui Evalube Official Store di Tokopedia dan Evalube Official Shop di Shopee.