Ciri-ciri Aki Mobil Mulai Soak dan Harus Diganti

By Automotive Evalube 22 Jul 2024
 

Aki mobil memiliki fungsi yang sangat penting karena berfungsi mengalirkan listrik di mobil. Apabila terjadi masalah pada aki maka sistem kinerja mobil tak akan bisa bekerja dengan baik. 

 

Sebelum aki benar-benar tak bisa digunakan hingga menyebabkan mesin mobil tak bisa dinyalakan sama sekali, sebenarnya sudah ada tanda yang bisa dirasakan bila aki mulai soak. Sayangnya, beberapa pengendara mungkin mengabaikannya karena tak memahami bahwa hal tersebut merupakan tanda kerusakan pada aki. 

 

Berikut ini beberapa tanda aki mobil mulai soak: 

 

  1. Mesin Mobil Sulit Dihidupkan 

 

Saat Anda merasakan aki mobil sulit dihidupkan, kemungkinan besar masalahnya terjadi pada aki. Biasanya, suara listrik ke starter mesin masih terdengar tetapi mobil sulit dihidupkan. Jika sudah terjadi hal demikian, baiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa kondisi akinya. 

 

  1. Suara Klakson Melemah 

 

Tanda aki mulai habis yang kedua adalah suara klakson yang mulai melemah. Selain itu, biasanya hal ini juga dibarengi dengan cahaya sorot lampu mobil yang mulai redup. Jika tak segera diperiksa, bisa saja mobil tiba-tiba mogok saat dikendarai. Suara klakson yang melemah dan lampu yang redup juga bisa membahayakan pengendara saat berkendara di malam hari. 

 

  1. Lampu indikator menyala 

 

Menurunnya tegangan listrik pada mobil juga akan ditandai dengan menyalanya lampu indikator secara konstan di dashboard mobil. Menyalanya lampu indikator menjadi peringatan dini adanya masalah pada sistem kelistrikan termasuk aki, baiknya segera diperiksa saat lampu indikator menyala. 

 

  1. Aki Sudah Capai Batas Usia Pakai 

 

Sebenarnya, aki juga memiliki batas usia pakai seperti berbagai komponen mobil lainnya. Aki mobil biasanya harus sudah diganti setelah mencapai usia pemakaian dua tahun. Jadi, segera ganti aki apabila sudah dua tahun digunakan ya. 

 

  1. Muncul Bau Aneh 

 

Apabila muncul bau aneh saat mesin mobil dinyalakan, kemungkinan besar bau tersebut berasal dari aki mobil. Bau tersebut berasal dari sel-sel aki yang mengalami kerusakan sehingga menyebabkan tegangan aki melemah. Artinya aki mobil sudah saatnya diganti. 

 

Itu dia beberapa ciri aki mobil alami kerusakan atau soak dan butuh segera diganti. Jangan diabaikan, karena bisa menyebabkan mobil mogok di tengah perjalanan.