Semakin Bangga, Evalube Sponsori Tim Balap Tanah Air di Formula Student Czech 2024

By Automotive Evalube 25 Sep 2024
 

Produsen pelumas berkualitas, Evalube, mensponsori dua tim dari universitas dalam negeri, Universitas Indonesia Racing Team (UIRT) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) dalam acara Formula Student Czech 2024.

Formula Student Czech 2024 adalah kejuaraan balap antara mahasiswa tingkat dunia. Ada puluhan tim dari berbagai negara yang mengikuti ajang ini.

Formula Student Czech 2024 akan digelar di sirkuit internasional Autodrom Most, Republik Ceko, 5-10 Agustus 2024.

Salah satu tim asal tanah air, UIRT, adalah tim riset dari mahasiswa Universitas Indonesia yang melakukan desain, manufaktur, dan balap mobil formula.

Ada 22 orang yang akan berangkat dari tim UIRT. Mereka akan membawa mobil balap hasil buatan UIRT bernama UIRT-02. Mereka akan menggunakan mobil rakitan sendiri tersebut di ajang Formula Student Czech 2024.

Untuk spesifikasinya, UIRT-02 menggunakan mesin Kawasaki ER6N 649 cc, chassis tubular, body lightweight fibre, shockbreaker Ohlins dan ECU menggunakan Haltech Elite 2500.

Sejauh ini, UIRT sudah melakukan tes balap secara rutin untuk persiapan Formula Student Czech 2024. Salah satunya pada 5 Juli, dimana UIRT lsempat mendapat input perihal setup mobil dari pembalap profesional asal Toyota Gazoo Racing Indonesia, Amato Rudolph.

UIRT berdiri sejak 2017 dengan nama komunitas mahasiswa pecinta otomotif. Namanya kemudian berubah menjadi UI Racing Team untuk fokus berlaga pada kompetisi Formula Student.

Sejauh ini UIRT memiliki prestasi yang membanggakan di ajang Formula Student. Tahun 2023, ada 60 tim internasional yang bersaing dalam ajang tersebut. Mereka berhasil menempati posisi ke-7 kategori business plan, posisi ke-10 di cost and manufacturing, posisi ke-14 di engineering design, dan posisi ke-13 untuk keseluruhan.

Prestasi lain yang pernah diraih UIRT: Top 5 Formula Japan 2013, juara 3 Endurance Event di IIMS 2029, juara pertama Business Event di IIMS 2019, Top 5 Business Plan di Formula Bharat 2022, dan Top 6 Engineering Design dalam ajang Formula Bharat 2022.

Sebagai sponsor, Evalube akan mensupport untuk pelumas yang akan dipakai di mobil balap mereka. Tak main-main, Evalube bahkan membuatkan oli khusus yang tak ada di pasaran agar mendapatkan performa yang maksimal sesuai dengan spesifikasi mobil balap yang akan dipakai nantinya

Bisa turut serta dalam ajang ini tentu saja menjadi kebanggaan bagi Evalube. Selain UIRT, Evalube juga akan menjadi sponsor untuk tim dari UNS di ajang yang sama.