Ini Cara Bedakan Oli Mesin Asli dan Palsu

By administrator 25 Jun 2021
 

Permintaan oli mesin ini terus meningkat seiring dengan pengingkatan pengguna kendaraan bermotor seperti mobil. Kondisi ini memancing para pedagang nakal untuk membuat dan menjual oli palsu sehingga banyak oli palsu yang saat ini beredar di pasaran.

Menggunakan oli palsu untuk mobil ini berpotensi menimbulkan kerusakan pada mesin jika digunakan terus – menerus. Untuk menghindari mobil menggunakan oli palsu, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa cara membedakan mana oli mesin asli dan palsu:

  • Kemasan

Kamu harus memastikan bahwa tidak ada yang aneh pada kemasan oli, dan pelumas yang dibuat langsung oleh pabrik akan menggunakan botol dan label yang baru. Jadi kamu bisa melihat botol, tutup botol, label, tanggal pembuatan, dan juga masa penyimpanannya, biasanya dalam bentuk kode unik.

  • Warna dan Bau Oli

Oli yang asli buatan pabrik memiliki warna yang jernih keemasan dan tidak berbau menyengat. Jika oli yang kamu beli itu berbau menyengat dan memiliki warna yang berbeda, ada baiknya kamu tidak menggunakan oli tersebut karena oli palsu ini biasanya dibuat dari sisa oli bekas yang sudah berbau dan berubah warna serta teksturnya.

  • Viskositas

Viskositas atau kekentalan oli ini juga bisa menunjukkan oli yang kamu beli asli atau palsu, tapi cara ini harus dilakukan oleh kamu yang sudah berpengalaman karena harus membandingkan kekentalannya dengan oli sebelumnya, cara idealnya adalah memeriksa sampel oli tersebut di laboratorium uji pelumas, untuk mengetahui anomali yang kamu curigai.

Memeriksa kondisi oli untuk mengetahui keasliannya ini perlu dilakukan agar kamu terhindar dari oli yang palsu. Membeli oli palsu ini bisa merugikan kamu dan membahayakan kondisi mesin mobil karena bisa menimbulkan kerusakan.