Mau Pasang Kaca Film? Perhatikan Beberapa Hal Ini

By Automotive Evalube 13 Mei 2024
 

Salah satu aksesori mobil yang keberadaannya sangat penting adalah kaca film. Pasalnya, fungsinya cukup berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara dan penumpang. 

 

Kaca film sendiri berfungsi untuk menangkal panasnya sinar matahari. Sehingga sopir dan penumpang yang duduk di depan tak kepanasan saat berkendara menghadap ke matahari. 

 

Selain itu, kaca film juga berfungsi untuk menghalau sinar matahari sehingga pengendara tak merasa silau. Pasalnya, silau bisa mengganggu pandangan pengendara sehingga berisiko menyebabkan kecelakaan. 

 

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memasang kaca film di mobil: 

 

  1. Tingkat Kegelapan 

 

Disarankan untuk menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan maksimal adalah 40 persen. Pasalnya, apabila kaca film terlalu gelap, pengendara akan sulit melihat saat berkendara di malam hari. Dengan kegelapan maksimal 40 persen, pengendara akan memiliki visibilitas yang cukup baik, yakni jarak pandang minimal 500 meter ke depan saat siang hari. 

 

  1. Tampak Terang Dari Dalam 

 

Pastikan kaca film tampak terang dari dalam. Pasalnya, ada beberapa jenis kaca film yang gelap dari dalam. Tentu saja ini bisa mengganggu visibilitas pengendara. Untuk itu, pastikan pada ahlinya kaca film yang akan dipasang tampak terang dari dalam. 

 

  1. Cek Kualitasnya 

 

Untuk mobil kita, tentu saja baiknya menggunakan produk dengan kualitas yang baik. Cek review pengguna sebelum memutuskan untuk membeli aksesori kaca film agar tak keliru memilih. 

 

Kaca film dengan kualitas yang baik juga untuk meminimalisir perubahan warna, pengelupasan, hingga keretakan sehingga jadinya bisa lebih awet dan tahan lama. 

 

  1. Gunakan Kaca Film Dengan Perlindungan Uv 400 

 

Bagi pengendara yang kerap terjebak macet atau berkendara di siang hari yang panas sebaiknya memilih kaca film yang dilengkapi dengan perlindungan UV 400. Pasalnya, kaca film dengan perlindungan UV 400 bisa melindungi kulit dari teriknya sinar matahari. 

 

Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memasang kaca film. Konsultasikan dengan ahlinya jika ragu ya.