Tips Rawat Mobil Jadul Biar Performa Tetap Oke

By Administrator 23 Nov 2023
 

Mobil antik atau mobil jadul masih jadi favorit banyak orang. Pecinta mobil antik biasanya mengagumi sejarah atau karakter mobil tersebut.

Pasalnya, mobil antik tentu tak akan setangguh mobil keluaran terbaru. Meski demikian, bukan berarti kemampuan mobil jadul ini tak bisa dioptimalkan.

Agar performa mobil antik ini maksimal, yang paling penting adalah perawatannya. Merawat mobil antik perlu tips dan trik khusus.

Berikut beberapa di antaranya buat kamu yang hobi sama mobil antik:

1. Rutin Ganti Oli

Pemilik mobil antik tak boleh lupa untuk mengganti oli-oli pada mobil antik secara berkala. Selain mesin, oli transmisi, oli gardan, dan minyak rem juga harus rutin diganti. Segera ganti oli setelah pertama kali membeli mobil antik.

Selain itu, gunakan oli berkualitas untuk menjamin performa mesin mobil antikmu tetap terjaga. Evalube menyediakan berbagai oli berkualitas yang bisa kamu pilih sesuai yang dibutuhkan.

2. Rutin Dikendarai

Terdengar sepele, tetapi mobil antik itu jangan hanya dijadikan pajangan jika ingin performanya apik. Rutinlah kendarai mobil antikmu, dengan demikian kamu bakal tahu ada masalah atau tidak dengan mobil tersebut.

Selain itu, mobil yang lama disimpan di garasi juga bakal bikin makin rusak. Jika tak bisa mengendarai tiap hari, bisa minimal dua atau tiga kali dalam seminggu.

3. Bersihkan Jalur Bensin

Periksa dan pastikan jalur bensin tidak ada masalah dan tak ada kebocoran. Sebaiknya juga lakukan pembersihan pada jalur bensin. Pasalnya, banyak mobil antik yang mengalami masalah pada bagian ini.

Pada mobil jadul, mesin bisa mogok karena ada kerak atau kotoran yang tercampur dengan bahan bakarnya. Hal ini karena di mobil tua biasanya ada endapan kotoran di tangki. Untuk itu, penting membersihkan jalur bensin.

4. Rajin Periksa Kelistrikan

Kelistrikan mobil juga harus dipastikan dalam keadaan baik. Kelistrikan mobil idealnya memiliki tegangan 12,3 volt hingga 14 volt. Jika angkanya lebih atau kurang dari itu biasanya kemungkinan ada masalah.

Jika tak bisa melakukan sendiri, kunjungi bengkel untuk bisa diperiksa oleh teknisi.

5. Bersihkan Karat Dengan Pelumas

Biasanya ada banyak noda karat kecil. Jika dibiarkan maka karat ini bisa semakin banyak. Untuk itu, apabila ada noda karat kecil segera bersihkan dengan pelumas berkualitas secara teratur.

Itu dia beberapa tips untuk merawat mobil jadul biar performanya tetap oke. Jangan lupa juga untuk selalu menservis mobilmu secara berkala ya!