3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Oli

By administrator 01 Jun 2021
 

Menjaga performa sepeda motor tidak hanya dengan melakukan perbaikan pada komponen – komponen yang rusak, tapi kamu juga harus melakukan perawatan dengan mengganti oli mesin secara rutin.

Oli mesin ini berperan penting di sepeda motormu karena bisa melumasi komponen yang ada di dalam mesin agar terhindar dari gesekan yang bisa menimbulkan kerusakan. Tak hanya itu, oli juga bisa menjaga mesin tetap dingin sehingga tidak terjadi overheat akibat panas yang berlebih.

Mengingat oli yang memiliki fungsi sangat penting di sepeda motor, kamu tidak boleh sembarangan memilihnya. Brerikut ini ada tiga hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli oli:

  1. Kandungan base oil

Oli (terdiri dari) beberapa jenis seperti oli mineral, oli semi sintetis, dan oli sintetis. Oli sintetis dianggap lebih baik karena (memiliki performa lebih baik untuk melindungi) sepeda motormu. Namun kamu bisa menyesuaikan (memilih) kandungan base oil  oli ini sesuai budget dengan kebutuhan mesin sepeda motor milikmu.

  1. Kekentalan

Pelumas atau oli ini dibuat dengan tingkat kekentalan yang berbeda, tergantung pada jenis sepeda motor. Jadi pilihlah oli dengan tingkat kekentalan atau nilai SAE yang paling sesuai dengan kebutuhan sepeda motormu, untuk memastikan oli yang sesuai sebaiknya kamu bertanya dengan mekanik di bengkel terpercaya tempat mengganti oli, ataukamu bisa menemukan spesifikasi SAE sesuai buku petunjuk perawatan sepedamotormu.

  1. Pilih yang Bersertifikat

Pilihlah oli yang memiliki sertifikat API dan JASO. Jadi ketika kamu mencari oli terbaik untuk sepeda motor, ada baiknya memilih oli yang sudah mengantongi sertifikat API yang sudah teruji di Amerika Petroleum Institute dan JASO yang sudah teruji di Japanese Automotive Standar Association.

Memilih oli mesin memang tidak boleh sembarangan, sesuaikan oli dengan kebutuhan di sepeda motormu.