5 Tips Merawat Mobil Baru Agar Nyaman Terus

By Automotive Evalube 04 Mar 2024
 

Punya mobil baru pasti sangat menyenangkan. Mobil baru memiliki tampilan yang masih bagus dan mesin yang masih sangat mulus dan bisa bekerja secara optimal. 

 

Bagi pemilik mobil baru pastinya juga masih belajar untuk merawat mobil. Untuk itu, perlu dipahami beberapa langkah dalam merawat mobil agar tampilan mobil tetap terjaga dan komponen-komponennya terawat dengan baik. 

 

Sebelum memahami langkah merawat mobil dengan baik, baiknya juga mengenal komponen-komponen mobil secara menyeluruh. Dengan memahami ada komponen apa saja pada mobil, tentu bisa diketahui perawatan apa saja yang diperlukan. 

 

Berikut ini beberapa tips merawat mobil baru agar awet: 

 

  1. Rutin Bersihkan Mobil 

 

Mobil yang bersih bakal bikin pengendara dan penumpang di dalam mobil lebih nyaman. Selain itu, mobil yang bersih akan terhindar dari karat. 

 

Pastikan rutin membersihkan mobil, terutama jangan sampai lupa mencuci mobil setelah mobil kehujanan. Setelah mobil dicuci juga pastikan dikeringkan dengan kain yang lembut. 

 

  1. Gunakan Bahan Bakar Yang Sesuai 

 

Setiap kendaraan memiliki rekomendasi bahan bakar yang sesuai oleh pabrikan. Untuk itu, gunakan bahan bakar yang sesuai oktannya. Jangan memaksa menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah atau tinggi karena bakal bikin mesin cepat aus. 

 

Periksa buku manual bawaan mobil agar mengetahui jenis bahan bakar apa yang dianjurkan. 

 

  1. Ganti Oli Secara Berkala 

 

Oli mesin memiliki fungsi yang sangat vital untuk kinerja mesin. Pastikan tidak lupa untuk mengganti oli secara berkala agar mesin tak gampang overheat. Lupa mengganti oli mesin bisa menyebabkan mesin cepat aus dan terancam turun mesin. 

 

Gunakan Evalube yang memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Evalube juga sangat mudah didapatkan via offline maupun online. 

 

  1. Pastikan Radiator Bekerja Dengan Baik 

 

Radiator bekerja untuk mendinginkan mesin agar tak terlalu panas. Untuk itu, radiator penting untuk dipastikan dalam kondisi baik. 

 

Salah satu yang perlu dipastikan adalah jumlah coolant pada radiator tak boleh kurang dari batas normal. Untuk itu, rajin periksa coolant dan segera isi ulang apabila jumlahnya mulai menipis. 

 

  1. Perhatikan tekanan ban  

 

Kondisi ban juga harus selalu diperiksa. Tekanan angin pada ban jangan sampai kurang atau berlebih karena bisa membahayakan dan bisa merusak pelek mobil. 

 

Selain itu, pastikan untuk melakukan servis mobil secara rutin agar komponen-komponen lain bisa diperiksa kondisinya secara berkala oleh teknisi. Jika ada keluhan, sege