Tips Merawat Starter Motor Agar Awet dan Panjang Umur

By Administrator 04 Okt 2023
 

Bagi pengguna sepeda motor, tombol starter tentu sangat penting kegunaannya. Karena tombol starter atau bisa juga disebut sebagai electric starter berfungsi untuk membantu pengendara menghidupkan motor dengan lebih mudah dan simpel.

Menghidupkan sepeda motor dengan tombol starter cukup mudah yakni tinggal menekannya atau pada motor matic biasanya sambil menekan tuas rem.

Karena fungsinya yang cukup penting, bila terjadi kerusakan pada tombol starter maka akan cukup merepotkan karena pengendara harus menggenjot pedal starter.

Kerusakan pada tombol starter bisa disebabkan karena usia pemakaian. Nah, ada beberapa tips untuk pengendara motor agar tombol starternya awet. Berikut beberapa di antaranya:

1. Membersihkan bagian-bagian starter secara berkala

Bukan cuma bagian bodi motor yang harus dibersihkan secara berkala tetapi juga bagian starter motor. Untuk merawat electric starter, bagian-bagian pada komponen ini harus dibersihkan secara berkala.

Cara membersihkannya yaitu dengan melepas soket yang biasanya berwarna merah yang mengarah pada tombol starter. Kemudian, bisa menggunakan cairan penetran untuk membersihkannya. Caranya, semprotkan cairan penetran pada konektor rangkaian starter motor.

Biasanya, pada tombol starter juga terdapat kerak yang menempel karena usia pemakaian. Kerak ini juga harus dibersihkan. Caranya yakni dengan membuka dudukan pada tombol starter menggunakan obeng plus kemudian digosok bagian konektornya menggunakan amplas halus.

2. Sesekali gunakan kick starter

Meski tombol starter masih berfungsi dengan baik, sesekali tetap gunakan kick starter atau genjot pedal starter untuk menghidupkan mesin. Hal ini bertujuan untuk mengurangi intensitas penggunaan tombol starter.

Sesekali nyalakan motor dengan kick starter manual, ini bisa dilakukan di pagi hari saat masih di rumah ketika motor akan digunakan beraktivitas untuk pertama kali.

3. Perhatikan switch tuas rem pada motor matic

Pada motor matic, tombol starter bisa digunakan sembari menarik tuas rem. Jika mesin tak mau menyala, bisa dicek bagian switch tersebut. Caranya dengan menjumpernya menggunakan kabel. Jika terjadi kerusakan, maka switch ini harus diganti. Harganya cukup murah, sekitar Rp30 ribu.

4. Servis motor secara berkala

Melakukan perawatan berkala pada sepeda motor sangat penting. Jika diabaikan, maka kerusakan-kerusakan minor akan terabaikan hingga akhirnya membuat komponen dan motor pun rusak.

Saat melakukan servis motor rutin, teknisi akan memeriksa bagian motor termasuk kelistrikan yang berhubungan dengan starter motor. Jika terjadi kerusakan atau ada masalah akan diperbaiki oleh teknisi. Jika pengendara merasa ada masalah pada starter baiknya juga segera konsultasikan dengan teknisi agar segera diperbaiki.

Itu dia beberapa tips untuk merawat tombol starter pada sepeda motor. Jangan lupa untuk mengganti oli secara berkala juga untuk merawat performa mesin. Gunakan Evalube yang menjamin kualitas mesinmu.